Pengembangan Handout Pembelajaran Fisika Berbasis SSCS Pada Materi Induksi Elektromagnetik di SMAN 4 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v5i1.8645Keywords:
Handout, Fisika, SSCS, Induksi ElektromagnetikAbstract
Bahan ajar merupakan sesuatu yang dibuat oleh guru dalam memudahkan proses pembelajaran di kelas. Handout berisikan materi pembelajaran yang telah disusun dari beberapa literatur yang relevan dengan topik pembelajaran Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi handout menurut pakar/ahli dan respon peserta didik terhadap handout pembelajaran fisika berbasis SSCS pada materi Induksi Elektromagnetik Model pengembangan yang digunakan adalah Model pengembangan 4-D yang dibuat oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan, yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate. Pengembangan ini difokuskan hanya sampai pada tahap Pengembangan, sedangkan tahap Disseminate tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi handout pembelajaran fisika berbasis SSCS dan lembar angket respon peserta didik. Lembar validasi diisi oleh Validator yang berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen program studi pendidikan fisika universitas Palangkaraya dan 3 orang guru fisika SMAN 4 Palangka Raya. Handout diujicobakan terhadap peserta didik dengan jumlah 35 orang. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa hasil validitas handout pembelajaran fisika berbasis SSCS pada materi induksi elektromagnetik diperoleh persentase rata-rata sebesar 87,28% dengan kategori sangat valid. Hasil respon peserta didik terhadap handout pembelajaran fisika berbasis SSCS pada materi induksi elektromagnetik diperoleh persentase rata-rata sebesar 87,78% dengan kategori sangat baik
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yubi Prayogo, Suhartono, Fenno Farcis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.