Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Medan Magnet Kelas XII SMA

Authors

  • Gita Sella Br Sembiring Universitas Palangka Raya
  • Suhartono
  • Saulim DT. Hutahaean

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.8647

Keywords:

MODUL, GUIDED DISCOVERY LEARNING, MEDAN MAGNET

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis guided discovery learning pada materi medan magnet diperlukan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah dalam pembelajaran untuk menemukan konsep pembelajaran. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi modul pembelajaran fisika berbasis guided discovery learning dan respon siswa terhadap modul pembelajaran fisika berbasis guided discovery learning yang dikembangkan. Pengembangan modul  pembelajaran fisika berbasis guided discovery learning pada materi medan magnet merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dari Thiangarajan dan Semmel. Model 4-D terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA-3 di SMA di Kota Palangka Raya yang berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket validasi modul dan angket respon siswa terhadap pengembangan modul. Peneliti membagikan lembar validasi dan lembar respon peserta didik untuk memperoleh data skor penilaian dari validator dan peserta didik. Skor yang telah didapat kemudian dianalisis secara kuantitatif dan diubah dalam bentuk kriteria validasi dan kriteria respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi modul pembelajaran fisika berbasis guided discovery learning pada materi medan magnet diperoleh persentase hasil validasi rata-rata sebesar 84,32% dengan kategori baik, sehingga modul layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran. Hasil respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis guided discovery learning pada materi medan magnet diperoleh persentase hasil respon  peserta didik rata-rata sebesar 87,28% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11-08-2024

How to Cite

Sembiring, G. S. B., Suhartono, & Hutahaean, S. D. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Medan Magnet Kelas XII SMA. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.8647

Most read articles by the same author(s)