Pemanfaatan Alat Laboratorium untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Materi Kalor di SMA

Authors

  • Nurul Khotimah Universitas Palangka Raya
  • Suhartono Universitas Palangka Raya

Keywords:

keterampilan proses sains, kalor, laboratorium, fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan keterampilan proses sains meliputi merumuskan hipotesis, identifikasi variabel, melakukan percobaan, analisis data, dan menyimpulkan, 2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan bantuan alat laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan desain one shot case study.  Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 dengan jumlah peserta didik 33 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrument: (1) tes keterampilan proses sains (2) tes hasil belajar. Hasil uji coba dari 16 soal   diperoleh 1 soal gugur. Reabilitas instrument sebesar 0,87  dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik setelah pembelajaran dengan optimalisasi penggunaan alat laboratorium dari 33 peserta didik yang mengikuti tes, diperoleh 30% peserta didik dengan kategori sangat baik, 55% dengan kategori baik, 12% dengan kategori cukup baik, dan 3% peserta didik dengan kategori kurang baik. Ketuntasan  individu dari 33 peserta didik diperoleh 25  peserta didik tuntas dan 8  peserta didik tidak tuntas. Secara klasikal, pembelajaran tuntas karena diperoleh 75,76% peserta didik tuntas dari kriteria ketuntasan klasikal ? 75%. Ketuntasan TPK sebanyak 12 TPK (80%) tuntas dari 15 TPK.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-12-2019

How to Cite

Khotimah, N., & Suhartono. (2019). Pemanfaatan Alat Laboratorium untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Materi Kalor di SMA. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 50–54. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i2a4