Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 2 (2019): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains

Pemanfaatan Alat Laboratorium untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Materi Kalor di SMA

Submitted
17 May 2021
Published
28-12-2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan keterampilan proses sains meliputi merumuskan hipotesis, identifikasi variabel, melakukan percobaan, analisis data, dan menyimpulkan, 2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan bantuan alat laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan desain one shot case study.  Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 dengan jumlah peserta didik 33 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrument: (1) tes keterampilan proses sains (2) tes hasil belajar. Hasil uji coba dari 16 soal   diperoleh 1 soal gugur. Reabilitas instrument sebesar 0,87  dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik setelah pembelajaran dengan optimalisasi penggunaan alat laboratorium dari 33 peserta didik yang mengikuti tes, diperoleh 30% peserta didik dengan kategori sangat baik, 55% dengan kategori baik, 12% dengan kategori cukup baik, dan 3% peserta didik dengan kategori kurang baik. Ketuntasan  individu dari 33 peserta didik diperoleh 25  peserta didik tuntas dan 8  peserta didik tidak tuntas. Secara klasikal, pembelajaran tuntas karena diperoleh 75,76% peserta didik tuntas dari kriteria ketuntasan klasikal ? 75%. Ketuntasan TPK sebanyak 12 TPK (80%) tuntas dari 15 TPK.

Downloads

Download data is not yet available.

Most read articles by the same author(s)