Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fisika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palangka Raya

Authors

  • Nova Anggela Universitas Palangka Raya
  • Suhartono Universitas Palangka Raya
  • Saulim DT Hutahaean Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i2.15112

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah suatu cara mengajar yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar, untuk mengembangkan sikap kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa; 2) ketuntasan belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 9 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian pra-ekperimental dengan meggunakan desain one group pretest posttest. Populasi peelitian adalah seluruh kelas VIII semester II SMP Negeri 9 Palangka Raya yang berjumlah 8 kelas. Sampel berjumlah 1 kelas dipilih melalui teknik random sampling, dimana kelas yang terpilih adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis berupa uraian dan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran sebesar 0,74 kategori tinggi dan pada materi gelombang sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dengan rata-rata skor total sebesar 0,74 kategori tinggi dan ketuntasan hasil belajar siswa dari 30 siswa yang mengikuti tes, diperoleh 23 siswa tuntas dan 7 tidak tuntas. Ketuntasan belajar secara klasikal tuntas karena persentase siswa yang tntas sebesar 77% sudah melampaui standar ketuntasa klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Ketuntasan TPK dari 31 TPKsebanyak 28 (90,32%) TPK tuntas dan 3 (10%) TPK tidak tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-02-2025

How to Cite

Anggela, N., Suhartono, & Hutahaean, S. D. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fisika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palangka Raya. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 70–76. https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i2.15112
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>