Pengembangan LKPD Berbasis Web pada Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rungan

Authors

  • Padliarto Padliarto Universitas Palangka Raya
  • Fenno Farcis Universitas Palangka Raya
  • Pri Ariadi Cahya Dinata Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i1.5068

Keywords:

LKPD Berbasis Web, Pengembangan Model ADDIE, getaran dan gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, efektivitas dan kepraktisan dari pengembangan LKPD berbasis web pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 1 Rungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap develop, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Uji coba LKPD berbasis web dilakukan di SMP Negeri 1 Rungan di kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian validator, pemberian tes hasil belajar kognitif, dan pemberian angket respon. Hasil analisis terhadap penilaian validator menunjukkan persentase rata-rata 92,03% dengan kriteria sangat baik sehingga LKPD berbasis web dinyatakan valid. Hasil analisis terhadap hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal 20% dan persentase TPK yang tuntas 40% (keduanya kurang dari 70%) sehingga LKPD Berbasis web tidak efektif dalam aspek kognitif. Hasil analisis terhadap respon peserta didik menunjukkan presentase respon baik sehingga LKPD berbasis web dapat dinyatakan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Padliarto, P., Farcis, F., & Dinata, P. A. C. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Web pada Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rungan. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i1.5068

Most read articles by the same author(s)