Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Zat dan Karakteristiknya di Kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya

Authors

  • Agung Wibowo
  • Gunarjo Suryanto Budi

Keywords:

metode eksperimen, aktivitas siswa, hasil belajar kognitif, respon peserta didik

Abstract

Metode eksperimen dalam penelitian ini melatih dan mengajarkan siswa untuk belajar konsep IPA, siswa belajar secara aktif dengan mengikuti tahap-tahap pembelajarannya (1) percobaan awal, (2) pengamatan, (3) hipotesis awal, (4) verifikasi (5) aplikasi konsep dan (6) evaluasi. Dengan demikian, siswa akan menemukan sendiri konsep sesuai dengan hasil yang diperoleh selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya, (2) hasil belajar siswa setelah penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya dan (3) respon siswa setelah penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan desain One shot case study. Sampel adalah kelas VII-C dengan jumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, soal tes hasil belajar (THB) kognitif dan angket respon siswa. Hasil aktivitas siswa menunjukkan berbagai kegiatan siswa dalam proses pembelajaran yang nilai berbeda-beda ditiap pertemuan. Hasil belajar ranah kognitif dari 21 siswa yang mengikuti tes hasil belajar kognitif diperoleh 14 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dari 21 siswa yang menyatakan pembelajaran menyenangkan sebanyak 20 siswa (95.24%) dan yang menyatakan media yang digunakan dapat membantu memahami materi 21 siswa (100%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-12-2019

How to Cite

Wibowo, A., & Budi, G. S. (2019). Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Zat dan Karakteristiknya di Kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 32–38. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i2a1