Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Zat dan Karakteristiknya di Kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya
Keywords:
metode eksperimen, aktivitas siswa, hasil belajar kognitif, respon peserta didikAbstract
Metode eksperimen dalam penelitian ini melatih dan mengajarkan siswa untuk belajar konsep IPA, siswa belajar secara aktif dengan mengikuti tahap-tahap pembelajarannya (1) percobaan awal, (2) pengamatan, (3) hipotesis awal, (4) verifikasi (5) aplikasi konsep dan (6) evaluasi. Dengan demikian, siswa akan menemukan sendiri konsep sesuai dengan hasil yang diperoleh selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya, (2) hasil belajar siswa setelah penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya dan (3) respon siswa setelah penerapan metode eksperimen pada materi zat dan karakteristiknya. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan desain One shot case study. Sampel adalah kelas VII-C dengan jumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, soal tes hasil belajar (THB) kognitif dan angket respon siswa. Hasil aktivitas siswa menunjukkan berbagai kegiatan siswa dalam proses pembelajaran yang nilai berbeda-beda ditiap pertemuan. Hasil belajar ranah kognitif dari 21 siswa yang mengikuti tes hasil belajar kognitif diperoleh 14 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dari 21 siswa yang menyatakan pembelajaran menyenangkan sebanyak 20 siswa (95.24%) dan yang menyatakan media yang digunakan dapat membantu memahami materi 21 siswa (100%).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Agung Wibowo, Gunarjo Suryanto Budi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.