Pengembangan E-modul Berbasis Learning Management System (LMS) dengan Moodle pada Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i2.7693Keywords:
E-modul berbasis LMS Moodle, ADDIE, Listrik DinamisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi terhadap E-modul berbasis LMS dengan Moodle pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Model ADDIE yang digunakan peneliti dalam proses pengembangan e-modul pembelajaran hanya sampai tahap development (pengembangan) yang bertujuan menghasilkan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penilaian lembar validasi isi dan lembar validasi guru IPA. Hasil analisis penilaian validasi isi menunjukkan persentase rata-rata 65% dengan kriteria cukup valid sehingga e-modul berbasis LMS Moodle dinyatakan valid. Hasil analisis penilaian validasi guru IPA terhadap e-modul pembelajaran menunjukkan persentase rata-rata 85% dengan kriteria sangat valid e-modul berbasis LMS Moodle dinyatakan valid.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Trivina Lovenia, Gunarjo Suryanto Budi, Theo Jhoni Hartanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.