Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Eksperimen pada Materi Suhu dan Kalor
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i2.3913Keywords:
model pembelajaran kooperatif, metode eksperimen, hasil belajar kognitif, keterampilan psikomotorAbstract
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran dimana peserta didik diorganisasikan untuk bekerja dan belajar dalam kelompok yang memiliki aturan tertentu. Metode eksperimen merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui tahapan-tahapan didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan psikomotor peserta didik (2) ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental menggunakan rancangan one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII Semester I SMP Negeri 7 Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 5 kelas. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak satu kelas dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 dengan jumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterampilan psikomotor dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (a) Hasil keterampilan psikomotor secara individu berdasarkan tes diperoleh 60% dengan kategori sangat baik, 24% dengan kategori baik, 16% dengan kategori cukup baik. (c) Hasil ketuntasan (1) Ketuntasan individu yaitu sebanyak 65% tuntas dan 35% tidak tuntas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Khensi Paskah Aruminanti, Theo Jhoni Hartanto, Muhammad Nawir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.