Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Eksperimen pada Materi Suhu dan Kalor

Authors

  • Khensi Paskah Aruminanti Universitas Palangka Raya
  • Theo Jhoni Hartanto Universitas Palangka Raya
  • Muhammad Nawir Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i2.3913

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, metode eksperimen, hasil belajar kognitif, keterampilan psikomotor

Abstract

Model pembelajaran kooperatif  merupakan salah satu model pembelajaran dimana peserta didik diorganisasikan untuk bekerja dan belajar dalam kelompok yang memiliki aturan tertentu. Metode eksperimen merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui tahapan-tahapan didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan psikomotor peserta didik (2) ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental menggunakan rancangan one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII Semester I SMP Negeri 7 Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 5 kelas. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak satu kelas dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 dengan jumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterampilan psikomotor dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (a) Hasil keterampilan psikomotor secara individu berdasarkan tes diperoleh 60% dengan kategori sangat baik, 24% dengan kategori baik, 16% dengan  kategori cukup baik. (c) Hasil ketuntasan (1) Ketuntasan individu yaitu sebanyak 65% tuntas dan 35% tidak tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-12-2021

How to Cite

Aruminanti, K. P., Hartanto, T. J., & Nawir, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Eksperimen pada Materi Suhu dan Kalor. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 7–11. https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i2.3913

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>