Pemanfaatan Program Crocodile Physics sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Yoan Theasy Universitas Palangka Raya
  • Muhammad Nawir Universitas Palangka Raya
  • Ani Ristiani Hartono Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i1.3675

Keywords:

crocodile physics, hasil belajar

Abstract

Masa Pandemi Covid-19 membuat kegiatan pembelajaran tatap muka dan praktikum dilaboratorium belum dapat berjalan seperti biasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan program Crocodile Physics sebagai media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar fisika mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2020, dengan metode perkuliahan secara daring (dalam jaringan), pada Program studi Pendidikan Fisika FKIP UPR (Universitas Palangka Raya). Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Peningkatan hasil belajar mahasiswa memperoleh kriteria tinggi dengan skor N-Gain sebesar 0,896. Oleh karena itu hasil studi menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penggunaan program Crocodile Physic sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Theasy, Y., Nawir, M., & Hartono, A. R. (2021). Pemanfaatan Program Crocodile Physics sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa . Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 27–30. https://doi.org/10.37304/bpjps.v3i1.3675

Most read articles by the same author(s)