Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Bantuan Media Simulasi PHET pada Mata Pelajaran IPA Materi Listrik Dinamis

Authors

  • Theo Jhoni Hartanto
  • Hariani Suhardi Universitas Palangka Raya

Keywords:

pembelajaran langsung, PhET, listrik dinamis, pembelajaran IPA, simulasi

Abstract

Physics Education Tecnology atau PHET merupakan sebuah media simulasi pembelajaran berbasis aktivitas laboratorium virtual yang memudahkan pembelajaran bagi guru dan siswa sebagai media pembelajaran di ruang kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa, dan (3) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah kelas IX-7 dengan jumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respon. Hasil analisis data diperoleh aktivitas siswa: (a) persentase pengamatan aktivitas siswa melakukan diskusi kelompok sebesar 28,1%, (b) siswa belajar dengan memanfaatkan media PHET sebesar 24,6%, (c) siswa memperhatikan penjelasan guru saat mendemonstrasikan cara menjalankan media PHET sebesar 21,9%, (d) siswa melakukan latihan lanjutan sebesar 13,9%. Hasil yang berkaitan dengan belajar kognitif siswa: ketuntasan individu sebanyak 23 siswa tuntas belajarnya dan 9 siswa tidak tuntas. Respon siswa terhadap pembelajaran yaitu 100% siswa menyatakan cara guru mengajar menarik, 100% siswa menyatakan belajar dengan media simulasi PHET menarik, 72% siswa menyatakan suasana kelas sangat senang, 78% sangat setuju memudahkan siswa memahami pembelajaran, dan 90,6% siswa belum pernah belajar dengan menggunakan media PHET sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-12-2019

How to Cite

Hartanto, T. J., & Suhardi, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Bantuan Media Simulasi PHET pada Mata Pelajaran IPA Materi Listrik Dinamis. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 39–45. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i2a2

Most read articles by the same author(s)