Pengembangan E-modul Berbasis Learning Management System (LMS) dengan Moodle pada Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMP

Authors

  • Trivina Lovenia University of Palangka Raya
  • Gunarjo Suryanto Budi Universitas Palangka Raya
  • Theo Jhoni Hartanto Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i2.7693

Keywords:

E-modul berbasis LMS Moodle, ADDIE, Listrik Dinamis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi terhadap E-modul berbasis LMS dengan Moodle pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Model ADDIE yang digunakan peneliti dalam proses pengembangan e-modul pembelajaran hanya sampai tahap development (pengembangan) yang bertujuan menghasilkan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi.  Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penilaian lembar validasi isi dan lembar validasi guru IPA. Hasil analisis penilaian validasi isi menunjukkan persentase rata-rata 65% dengan kriteria cukup valid sehingga e-modul berbasis LMS Moodle dinyatakan valid. Hasil analisis penilaian validasi guru IPA terhadap e-modul pembelajaran menunjukkan persentase rata-rata 85% dengan kriteria sangat valid e-modul berbasis LMS Moodle dinyatakan valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05-06-2023

How to Cite

Lovenia, T., Budi, G. S., & Hartanto, T. J. (2023). Pengembangan E-modul Berbasis Learning Management System (LMS) dengan Moodle pada Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMP. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 61–65. https://doi.org/10.37304/bpjps.v4i2.7693

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2