Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Listrik Statis
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.12547Keywords:
Model Problem Based Learning, Media PhET, Hasil Belajar Kognitif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan media PhET. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental menggunakan desain one group pretest and posttest. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IX-6 dengan jumlah 31 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan asumsi seluruh kemampuan peserta didik dalam kelas tersebut dianggap homogen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif dengan jumlah 29 butir soal. Hasil uji-t berpasangan (paired sample t-test) menunjukkan sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,005 dimana nilai signifikansinya < 0,001 maka H0 diterima. Hasil uji-t berpasangan tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar kognitif sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL berbantuan media PhET. Peningkatan hasil belajar kognitif berdasarkan hasil analisis uji N-Gain sebesar 0,762 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model problem based learning berbantuan media PhET.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khalifatus Sakdiyah, Theo Jhoni Hartanto, Maya Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.