Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Listrik Statis

Authors

  • Khalifatus Sakdiyah Universitas Palangka Raya
  • Theo Jhoni Hartanto Universitas Palangka Raya
  • Maya Mustika Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.12547

Keywords:

Model Problem Based Learning, Media PhET, Hasil Belajar Kognitif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan media PhET. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental menggunakan desain one group pretest and posttest. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IX-6 dengan jumlah 31 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan asumsi seluruh kemampuan peserta didik dalam kelas tersebut dianggap homogen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif dengan jumlah 29 butir soal. Hasil uji-t berpasangan (paired sample t-test) menunjukkan sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,005 dimana nilai signifikansinya < 0,001 maka H0 diterima. Hasil uji-t berpasangan tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar kognitif sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL berbantuan media PhET. Peningkatan hasil belajar kognitif berdasarkan hasil analisis uji N-Gain sebesar 0,762 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model problem based learning berbantuan media PhET.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11-08-2024

How to Cite

Khalifatus Sakdiyah, Hartanto, T. J., & Mustika, M. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Listrik Statis. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 35–40. https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.12547

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>