Strategi Pemasaran UMKM Angkringan Naba Dalam Menghadapi Persaingan Usaha di Kota Palangka Raya

Authors

  • Nia Amelia Putri Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UPR
  • Grace Evelina Buji Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UPR
  • Tonich Uda Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UPR
  • Rinto Alexandro Universitas Palangka Raya

Keywords:

Strategi Pemasaran, Angkringan NABA, Analisis SWOT

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh pelaku usaha agar produk yang mereka pasarkan terlihat menarik dan dapat terjual sehingga mampu mendapatkan keuntungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks SWOT sesuai judul dan tujuan dari penelitian itu sendiri yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran Angkringan NABA dalam menghadapi persaingan usahanya. Pada matriks SWOT dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi Angkringan NABA dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kekuatan dari Angkringan NABA yaitu lokasi yang strategis, kualitas pelayanan yang baik, harga terjangkau, komunikasi yang baik antara konsumen yang karyawan, tempat santai yang luas, dan jaringan melalui media sosial. Sedangkan kelemahan dari Angkringan NABA yaitu tempat lesehan yang masih terkena cipratan air hujan, pengantaran pesanan yang lama, banyak nyamuk, dan tempat duduk kursi yang terkena asap bakaran. Peluang yang dimiliki oleh Angkringan NABA yaitu lahan parkir yang luas, menu yang beragam, rasa yang enak, dan masuk di semua umur dan kalangan. Sedangkan ancaman yang dimiliki oleh Angkringan NABA yaitu pesaing dengan bisnis yang sama dan Adanya promosi dari pesaing. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan yaitu dengan lebih memperhatikan pengunjung, dapat menambah jumlah karyawan, selalu berinovasi pada menu yang ditawarkan, tetap menjaga kualitas produknya,melakukan perawatan tempat agar konsumen tetap merasa nyaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almaysa Widya Krisma, Kuwing Baboe, Sundari, and Eko Riadi. 2021. “Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Pondok Jamur Zidan Palangka Raya.” Edunomics Journal 2(2):87–94. doi: 10.37304/ej.v2i2.3012.

Candra Fatihah, Dian, and Dewi Rani Desmawati. 2019. “Pengaruh Pemasaran Langsung Terhadap Perilaku Konsumen Bisnis Menggunakan Meeting Package Di Grand Tjokro Hotel Bandung.” Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) 3(2):96–110. doi: 10.37339/e-bis.v3i2.123.

Dr. Arman, M. .. 2022. INTRODUKSI MANAJEMEN PEMASARAN: Dasar Dan Pengantar Manajemen Pemasaran. edited by D. Yusup. Sumatera Selatan: LD MEDIA.

Drianti, Astik, and Imas Nurmala. 2020. “Strategi Pemasaran Tenun Ulap Doyo (Daun Lemba) Menggunakan Matriks SWOT (Studi Kasus Pada UMKM Pokant Takaq).” Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai 10(2):95–106. doi: 10.36589/rs.v10i2.138.

Mukhid, Abd. 2021. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Vol. 7. edited by S. wahyuningrum Rizqi. Gayung Kebonsari Surabaya.

Oktaviana dan Riza Hafizi, Nita M. n.d. PELUANG BISNIS ANGKRINGAN DI KOTA PALANGKA RAYA.

Siregar, R. Adumayanti. 2020. “Penanganan Pembiayaan Bermasalah Mikro 75ib Di Bank BRI Syariah Kcp Rantau Prapat.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Sundari, Sundari, Eko Riadi, Rinto Alexandro, Fendy Hariatama, and Merisa Oktaria. 2022. “Analisis SWOT Dan Strategi Pemasaran Usaha Waralaba.” Edunomics Journal 3(1):1–10. doi: 10.37304/ej.v3i1.3871.

Wulandari, Devita. 2020. “Analisis Swot Pada Produk Ib Multiguna Bank Jateng Syariah Kcps Semarang Barat.” 13.

Zebua, DPF, Dwi Putri Farida Zebua, Nov Elhan Gea, and Ratna Natalia Mendrofa. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Di Cv. Bintang Keramik Gunungsitoli Marketing Strategy Analysis in Increasing Product Sales in Cv. Bintang Keramik Gunungsitoli.” 1299 Jurnal EMBA 10(4):1299–1307.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Nia Amelia Putri, Grace Evelina Buji, Tonich Uda, & Alexandro, R. (2024). Strategi Pemasaran UMKM Angkringan Naba Dalam Menghadapi Persaingan Usaha di Kota Palangka Raya. Edunomics Journal, 5(2), 196–205. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/14691

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2