Analisis Kritis Isu-isu Pendidikan Indonesia Dalam Kompetisi Di Kawasan ASEAN

Authors

  • Eriawaty Eriawaty Universitas Palangka Raya

Keywords:

education issues, ASEAN competition

Abstract

Equitable distribution of teachers in Indonesia still does not meet needs. The solutions offered are the recruitment and placement of new teachers, structuring the number and qualifications of existing teachers throughout Indonesia, increasing teacher competency through follow-up actions. Equitable education raises the formulation and issuance of Law No. 23 of 2014 concerning Regional Government. Implementation in the field experienced several obstacles. The issue of Indonesian as an ASEAN regional language led to the importation of Indonesian teachers from various ASEAN member countries. Teacher competencies and prospective teachers in Indonesia must be more prepared and improved, especially professional competence and pedagogical competence in dealing with this issue.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, Sudarwan. 2017. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

DeWitt, Peter 2014. 10 Critical Issues Facing Education. Diakses dari http://mobile.edweek.org/c.jsp?cid=25920011&item=http%3A %2F%2Fapi.edweek.org%2Fv1%2Fblogs%2F95%2F%3Fuuid%3D36870 pada 28 September 2017 pukul 08.17 WIB.

Dwiyogo, Wasis D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning Model Rancangan Pembelajaran dan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Malang : Wineka Media Belajar Sepanjang Hayat.

Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Diakses dari: https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas16-2007 KompetensiGuru.pdf pada 11 September 2017 pukul 13.20 WIB.

Permendiknas No. 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus. Diakses dari: simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permen diknas_32_08.pdf pada 11 september 2017 pukul 14.00 WIB.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Diakses dari http://kkgjaro.blogspot.co.id/2015/01/rasio-siswa-terhadap-guru-ideal-dengan.html pada 11 September 2017 pukul 20.30 WIB.

Standar Nasional Pendidikan. Diakses dari http://bsnp-indonesia. org/?pageid=61 pada 10 September 2017 pukul 21.00 WIB.

Tim Peneliti Badan Perencana Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. 2016. Laporan Akhir Pemetaan dan Penyusunan Profil Kondisi dan Potensi Pendidikan Di Kalteng. BAPEDA Provinsi Kalimantan Tengah, tidak diterbitkan.

Sindo Online. 2010. ASEAN Susun Standar Kompetensi Guru. Diakses dari: (https://news.okezone.com/read/2010/09/22/ 373/374695/ asean-susun-standar-kompetensi-guru pada 11 September 2017 pukul 12.30 WIB.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Guna Grafika.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen & Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. tentang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) Beserta Penjelasannya. (2006). Bandung: Permana.

Undang-Undang RI No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Diakses dari: pih.kemlu.go.id/files/UU023 2014 .pdf pada 11 September 2017 pukul 13.06 WIB.

Downloads

Published

2020-07-11

How to Cite

Eriawaty, E. (2020). Analisis Kritis Isu-isu Pendidikan Indonesia Dalam Kompetisi Di Kawasan ASEAN. Edunomics Journal, 1(1), 31–37. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/1596