Pengaruh PLP II dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Palangka Raya
Keywords:
PLP II, Learning achievement, TeacherAbstract
This research uses quantitative research methods. The population is all economic education students and the sample in this research is economic education students class of 2020, FKIP, Palangka Raya University, totaling 37 respondents. The sampling technique uses total sampling. Data collection techniques are through observation, documentation and questionnaires and analyzed using multiple linear regression tests and hypothesis testing through the F test and t test which are processed using the SPSS 25 for Windows application. Based on the results of data analysis using the multiple linear regression equation, the value Y =49,293+ 0,765X1+1,996X2. And the magnitude of the influence of the two independent variables is 46,8%, so 53.2% is influenced by other independent variables that have not been studied by researchers
Downloads
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka CiptaArdyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232240.
Batubara Y. (2019) Pengaruh Self Efficacy, Pristese Profesi Guru dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi Universitas Sanata Dharma.Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Crow, L. & Crow, A. (2015) Psikologi Pendidikan. Jilid 2/Penerjemah Z.Kasijan V.2. Surabaya: Bina Ilmu
Fitri, F. (2023). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Calon Guru Kimia. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Gultom, R. (2023). Pengaruh Presepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Palangka Raya. Skripsi: Universitas Palangka Raya
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Harisma Khaerunnas, Mohamad Arief Rafsanjani. (2021) Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6, Hal 3946 3953. Education https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Nasrullah, M, dkk. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 1 (5) hlm 1-6.
Oktarina, H (2021) Pengaruh Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat dan Prestasi Akademik Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia. Research and development Journal of Education. 1(2)
Panduan Program. (2021) Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya
Panduan PLP II. (2023) Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional Pendidikan. Diunduh pada tanggal 25 Januari 2024 https://biologi.fkip.uns.ac.id.//wp-content/uploads/2013/08/PP-2005-19-SNP.pdf
Sairoh. (2016). Pengaruh Pengalaman PPL, IPK, Lingkungan Keluarga dan Informasi dunia kerja terhadap Minat Menjadi Guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2011 FE. Skripsi. Sarjana Pendidikan pada Universitas Negeri Yogyakarta
Sejarah Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Palangka Raya diunduh pada tanggal 12 Januari 2024, dari https://pendidikanekonomi.upr.ac.id/
Sitinjak, R. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Sistem Daring Di Masa Pandemic Covid-19 Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Upr. Skripsi: Universitas Palangka Raya
Sitorus, Monalisa. (2017). Pengaruh Pengalaman PPL Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Skripsi Sarjana Pendidikan pada Universitas Negeri Medan.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka cipta
Sosok guru profesional yang ideal Ki Hajar Dewantara. Diunduh pada tanggal 27 September 2023, dari https://pasca.unej.ac.id/sosok-guru-profesional-yang-ideal-ala-ki-hajar-dewantara
Sukma A, Karlina E & Priyono P. (2020). Pengaruh Presepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Idraprasta Pgri. Research and development Journal of Education. 1(1), 110-116
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Tandung, M (2023) Pengaruh Minat Menjadi Guru terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Program Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Makassar. Mahasiswa Program studi Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Makassar, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(3)
Undang-undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Undang- undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100114.
Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 7891. https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17220
Yusman, D, A dan Ashar, F. (2019). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Journal of Civil Engineering and Vocational Education (CIVED), 3 (6).