Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran di Kalimantan Timur

Authors

  • Pandu Prahadi Pangestu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Muhammad Saleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Priyagus Priyagus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.37304/ej.v4i1.7944

Keywords:

Pendapatan asli daerah, dana perimbangan, pertumbuhan ekonomi, pengangguran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Bagi Perimbangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan dampaknya terhadap Pengangguran di Provinsi Kalimantan Timur. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Satistik Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2007 – 2021. Hubungan dan pengaruh antar variabel dijelaskan dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan analisis jalur. Hasil analisis menemukan bahwa secara langsung pendapatan asli daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dana perimbangan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah berpengaruh negatif signifikan terhadap pengangguran, dana perimbangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran dan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran. Hasil analisis menemukan bahwa secara tidak langsung pendapatan asli daerah berpengaruh signifikan terhadap pengangguran melalui pertumbuhan ekonomi dan dana perimbangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran melalui pertumbuhan ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Karnila dan Nur Wahyu Ningsih. 2021. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran. Jurnal Manajemen Vol. 15 No. 1, ISSN Cetak 1978-6573.

Eric, V.B. 2020. Pengaruh Utang Luar Negeri Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya Pada Penmgangguran Terbuka Di Indonesia. Tesis. Magister Ilmu Ekonomi. Unoversitas Mulawarman.

Ni Luh, G. C. A dan I Nyoman Mahaendra Yasa. 2015. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Terhadap Tingkat Pengangguran Melalui Belanja Tidak langsung Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.4, No.11

Putro, Rizky. 2016. Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Tingkat Pengangguran di Wilayah Sumatera. Indonesian Treasury Review, Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, Vol.1, No.2

Pratiwi Subianto, Irawan Irawan. 2022. Analisis Kemampuan Keuangan Daerah dalam Mendukung Pembangunan Kota Palangka Raya. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/4005.

Rizal, Yani dkk. 2021. Pengaruh Pendapatan Asli daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran di Provinsi Aceh. Jurnal Samudra Ekonomika, Vol. 5, No. 1, ISSN 2549-4104.

Suwandika, Putu Eka dan I Nyoman Mahaendra Yasa. 2015. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Pengangguran di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol. 4, No. 7.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Pangestu, P. P. ., Muhammad Saleh, & Priyagus, P. (2022). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran di Kalimantan Timur. Edunomics Journal, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.37304/ej.v4i1.7944