Implementasi Kebijakan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Murung Raya

Authors

  • Nofriandy Imanuel Magister Sains Manajemen FEB UPR
  • Meitiana Meitiana Magister Sains Manajemen FEB UPR
  • Luluk Tri Harinie Magister Sains Manajemen FEB UPR

DOI:

https://doi.org/10.37304/ej.v4i1.7952

Keywords:

Kualitatif, SDM, BKPSDM

Abstract

Fokus Penelitian Dalam Penelitian kualitatif, fenomena adalah sesuatu yang hadir atau muncul dalam kesadaran peneliti dengan menggunakan cara tertentu, atau dengan kata lain adalah sesuatu yang menjadi tampak dan nyata. Peningkatan Kualitas Pelatihan yang diikuti pegawai di eselon III dan IV yaitu diklat tekniks yaitu diklat yang berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dan fungsi-fungsi ini mekekat terhadap pelaksanaan tugas pokok administrasi. Jumlah pegawai BKPSDM yang telah mengikuti diklat teknis ini ada beberapa orang. Pegawai BKPSDM yang ada di jabatan fungsional juga telah mengikuti diklat fungsional. Kualitas SDM di BKPSDM Kabupaten Murung Raya masih kurang dilihat dari pelatihan yang diikuti. Belum semua kepala bidang atau kepala bagian mengikuti diklatpim III.   Tujuan dan sasaran Diklatpim Tk. III adalah kompetensi kepemimpinan taktikal yaitu kemampuan menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program instansi dan memimpin keberhasilan pelaksanaan program yang telah ditetapkan. Pelatihan dan pengembangan merupakan hal berbeda, tetapi sangat berkaitan. Pelatihan bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan para pegawai melakukan tugas sekarang, sedangkan pengembangan lebih berorientasi pada peningkatan produktivitas kerja para pekerja di masa depan. Pengalaman merupakan hasil dari proses belajar secara mental dalam menjalani tugas-tugas dalam kurun waktu tertentu. Kekurangan pengalaman pegawai BKPSDM selalu dicarikan pembenaran dengan kondisi umur Kabupaten Murung Raya yang masih muda. Jumlah pegawai yang terbatas di BKPSDM dari sisi pengalaman belum disikapi dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang memadai. Ketaatan pegawai BKPSDM diukur dari ketaatan pada aturan perundang- undangan yang berlaku, taat kepada tata tertib, dan taat kepada pimpinan. Ketaatan pada aturan perundang-undangan ditaati dengan mengikuti perintah atau arahan pimpinan. Suatu aturan perundang-undangan dilaksanakan melalui prosedur sebagaimana tugas pokok dan fungsi masing-masing. Kualitas hasil kerja BKPSDM masih jauh dari harapan publik Kabupaten Murung Raya maupun ketentuan perundang-undangan. BKPSDM belum secara objektif menjalankan tugas sesuai dengan peran dan fungsinya sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. BKPSDM masih sangat lemah dalam pengelolaan data pegawai, Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg), arsip kepegawaian dan penyusunan Daftar Urut Kepangkatan (DUK). BKPSDM tidak menyusun petunjuk teknis tentang pembinaan, kedudukan hukum pegawai daerah, pelayanan pengaduan masyarakat, pelayanan kesejahteraan dan penegakan disiplin pegawai sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan keputusan. BKPSDM juga tidak menyiapkan bahan penetapan kebutuhan diklat, usulan penetapan sertifikasi lembaga diklat untuk meningkatkan kualitas SDM Aparatur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisandi. 2017. Biddle dan Thomas: Menelaah Peran dalam Perilaku Sosial, Arginamis, Yogjakarta

Ahmadi. Abu. 2019. Langkah-Langkah Perbaikan Indonesia, Gramedia Pustaka, Jakarta

Badjuri A, K dan T. Yuwono. 2018. Kebijakan Pub-lik: Konsep dan Strategi, Univ. Diponegoro, Semarang.

Barbara. Kozier. 2016. Perubahan Peran dalam dinamika Organisasi, Prestasi Jaya, Jakarta

Barda Zamora. Implementasi Kebijakan Akreditasi dan Sertifikasi Pelatihan di Bidang Kesehatan, UI: Tesis. 2019

Badara, Aris. 2020. Analisis wacana Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darma, Yoce, A. 2018. Analisis Wacana Kritis. Bandung: PT. Refika Aditama.

Danim, S. 2018. Pengantar Studi Penelitian Kebi-jakan, Bumi Aksara Jakarta.

Dessler, G. 2019. Human Resource Management, (terjemahan), Prenhallindo, Jakarta.

Dunn, N. W. 2017. Analisis Kebijakan Publik (ter-jemahan), UGM Press, Yogyakarta.

Edwards III, G.C. 2019. Implementing Public Policy. Washington: Congressional Quarterly Press

Flippo, E. B. 2020. Manajemen Personalia (terjema-han), Erlangga, Jakarta.

Handayaningrat, Soerwono. 2018. Negara: Pemerintahan dan Aparaturnya. CV. Ananda, Bogor.

Hapsari Irma Ayu, “Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Berbasis Kompetensi Dengan Standar ISO 9001:2018 Untuk Pengembangan Investasi di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo”, Jurnal, 2014

Indrawidjaja, A. I. 1997. Perilaku Organisasi, Tar-sito, Bandung.

Mussenaf. 2019. Meningkatkan Prestasi Kerja Bawa-han, Pertama Seyoma Media, Bandung.

Nugroho Riant, Public Policy, Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan dan Manajemen Kebijakan, Jakarta: PT Gramedia. 2021.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Tjiptoherijanto, P. Dan Said ZainalAbidin. 2018. reformasiAdministrasi dan Pembangunan Nasional. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Subarsono, A.G. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Belajar: Yogyakarta, 2019.

Sedarmayanti. 2017. “Good Governance (Keperintahan Yang Baik). Bagian kedua. Membangun system managemen kerja guna meningkatkan produktifitas menuju good governance”. CV. Mandar Maju, Bandung.

Revnussa Octobery, Rinto Alexandro. 2015. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Bandiklat Provinsi Kalimantan Tengah. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/3242.

Winarno Budi, Kebijakan Publik; Teori, Proses dan Studi Kasus, Yogyakarta: CAPS. 2019

Wibowo, Manajemen Kinerja, Cetakan Ketujuh, Jakarta: RajaGrafindo. 2018

Winarno, B. 2017. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Nofriandy Imanuel, Meitiana, M., & Luluk Tri Harinie. (2022). Implementasi Kebijakan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Murung Raya. Edunomics Journal, 4(1), 71–86. https://doi.org/10.37304/ej.v4i1.7952

Most read articles by the same author(s)