Implementasi Metode Permainan Bahasa Melengkapi Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Kelas II Mi Ma’arif Kalibeber

Authors

  • Umi Latifah Universitas Sains Al-Qur'an
  • Sri Jumini universitas sains Al-Qur'an
  • bambang sugiyanto

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.10074

Keywords:

implementasi, eksperimental, tradisional, luar biasa, MI Ma'arif Kalibeber

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode permainan bahasa untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas ll MI Ma'arif Kaleber. Metode penyelesaian cerita digunakan sebagai metode permainan bahasa. Penelitian ini dilakukan dengan merekrut siswa di kelas dari kelompok usia tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian pretest and posttest. Sampel penelitian terdiri dari sekelompok siswa sekolah yang dipilih secara acak. Dalam penelitian ini dibentuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran tradisional, sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan metode permainan bahasa melalui story kit. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil studi dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji-t untuk mengidentifikasi perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan bahasa dengan melengkapi cerita berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca siswa kelas ll MI Ma'arif Kalibeber. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil tes membaca dibandingkan dengan kelompok kontrol. Metode permainan bahasa ini memberikan siswa pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik sehingga meningkatkan motivasi dan minat membaca mereka.(Tarigan, 2015) Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru dan praktisi untuk mengembangkan metode pembelajaran menggunakan permainan bahasa untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas ll MI Ma'arif Kaliber. Kata kunci:Implementasi, eksperimental, tradisional, luar biasa, MI Ma'arif Kalibeber

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddin, B. A. S. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia.

bdul Aziz, S. I. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mukti Karya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. Jurnal Terampil, 2(1).

Hanifah, U. (2016). penerapan Model Paikem dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. At-Tajdid, 2(2).

Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Somadayo, S. (2018). Starategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Published

2024-06-22

How to Cite

Latifah, U., Jumini, S. ., & sugiyanto, bambang . (2024). Implementasi Metode Permainan Bahasa Melengkapi Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Kelas II Mi Ma’arif Kalibeber. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 163–171. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.10074