ANALISIS PENDEKATAN OBJEKTIF PADA CERPEN: DUA LEMBAR JILBAB BUAT AISYAH KARYA MAULANA SATRYA SINAGA

Authors

  • Evi Rizkita Dewi Universitas Negeri Medan
  • Rezki Antonio F. Ginting

Keywords:

Theory of M.H. Abramas, Short Stories, Figures

Abstract

This research aims to This research aims to provide an analysis of the short story: Dua Lembar Jilbab Buat Aisyah using the M. H. Abrams approach. In this study, the studies carried out are (1) describing the content of short stories; (2) analyzing the intrinsic elements of short stories: Dua Lembar Jilbab Buat Aisyah. This research uses descriptive qualitative research method. The subject of this research is Short Story: Dua Lembar Jilbab Buat Aisyah by Maulana Satrya Sinaga. The data collection technique uses library and note-taking techniques. Library design is a technique for retrieving the desired information using the methods described.  The results showed that in the short story Dua Lembar Jilbab Buat Aisyah Kraya Maulana Satya Sinaga tells the struggle of the main character who works in Japan, as well as his love story with aisyah, in the end aisyah married her own cousin. The characters in the short story are Fathir, Irwan, and Aisyah. This short story uses a mixed plot or flow.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Ardhian, Mhd.Ichsan.(2021). Analisis Novel “Money”! Karya T.Andar dengan Pendekatan Objektif Teori M.H.Abrams. 6(2),303.

Bahasa, P., & Siliwangi, I. (2022). Karya asma nadia dengan pendekatan. 1(4), 108–117.

Ester L.2011. Analisis Struktur Intrinsik Cerpen.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Sanata Darma Yogyakarta

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2018). Jakarta: PT. (Persero)Penerbitan dan Percetakan

Kita, M., & Pendekatan, M. (2022). Analisis Cerpen “ Ketika Aku Dan Kamu. Analisis Cerpen “Ketika Aku Dan Kamu Menjadi Kita” Menggunakan Pendekatan Objektif Azka, 1(4), 98–104.

Mimetik, O. D. A. N. (2022). Analisis Cerpen Sepotong Surat Dalam Diam. 1(3), 57–67.

Misnawati, M. (2023). Melintasi Batas-Batas Bahasa Melalui Diplomasi Sastra Dan Budaya: Crossing Language Boundaries Through Literary And Cultural Diplomacy. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 185-193.

Mufarikha, M., & Darihastining, S. (2022, November). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 30-53).

Munsi, M. F. (2020). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Samasta, 1–6.

Prima Adi Bhakti, & Intan Silfiani. (2022). Analisis Cerpen “Kado Istimewa” Karya Jujur Prananto Menggunakan Pendekatan Objektif. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 13–21. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.275

Rahman. 2013. Seluk Beluk Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Romiz Aisy

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmadi, Muhammad dan Yakub Nasucha. 2015. Dasar-Dasar Penelitian. Surakarta: Pustaka Briliant.

Rosita, I., Syahadah, D., Nuryeni, N., Muawanah, H., & Sari, Y. (2022, May). Analisis Wacana Kohesi Gramatikal Referensi Endofora Dalam Sebuah Cerpen “Aku Cinta Ummi Karena Allah” Karya Jenny Ervina. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 179-191).

Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif untuk Menjadi Penulis Cerpen yang Handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244.

Sapriline, S., Mardiana, D., & Simpun, S. (2023). MODEL TERPADU BUKU CERITA RAKYAT, UNGKAPAN DAN PERIBAHASA BERBAHASA DAYAK NGAJU-INDONESIA UNTUK SEKOLAH DASAR. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 201-213.

Saputra, N., Misnawati, M., Muslimah, S., Anwarsani, A., Rahmawati, S., & Salwa, N. (2023). Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerita Rakyat Oleh Siswa Kelas X SMAN I Damang Batu Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 33-51.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta : PT. Garasindo.

Subroto. 1992. Penelitian Kwalitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarigan, H.G. 2015. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa

Tohang, V. M., Poerwadi, P., Purwaka, A., Linarto, L., & Misnawati, M. (2023). Campur Kode Dalam Percakapan Komunitas Mahasiswa Di Asrama Lamandau Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Cerpen Siswa SMA Kelas XI. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 153-168.

Wellek, Rene & Warren, 2016. Teori Kesustraan. Terjemahan Melani Budianta. Jakarta: PT. Gramedia

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Evi Rizkita Dewi, & Rezki Antonio F. Ginting. (2024). ANALISIS PENDEKATAN OBJEKTIF PADA CERPEN: DUA LEMBAR JILBAB BUAT AISYAH KARYA MAULANA SATRYA SINAGA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 488–498. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/12184