Peningkaatan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team games Tournament) di SMP Negeri 10 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.15515Keywords:
Cooperative Learning Model Type TGT (Team Games Tournament), Student Learning Activeness, Civi EducationAbstract
The research entitled "Increasing Students' Civic Learning Activeness Through the TGT Type Cooperative Learning Model (Team Games Tournament) in Class VII.1 SMP Negeri 10 Palembang" aims to determine the increase in student learning activeness in class VII.1 SMP Negeri 10 Palembang on PPKn subjects the subject of Working Together and Working Together The subjects of this study were students of class VII.1 Palembang State Middle School for the academic year 2022/2023, a total of 38 people. The method used in this research is Classroom Action Research, carried out in 3 cycles consisting of 6 meetings. Based on the results of the study, it was found that student activity in cycle I was 43.61% (19 people), cycle II student activity was 59.72% (26 people), and cycle III student activity was 69.86% (35 people). Of the three cycles carried out showed an increase in student learning activeness,
Downloads
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 03(03).
Ainur Rofiq, M., Eka Mahmud, M., & Atul Musfiroh, I. (2019). Peningkatan hasil belajar fiqih melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas V MI At Tarbiyah Loa Janan. 6(2), 109.
Aqib, Z., dkk. (2007). Membangun profesionalisme guru dan pengawas sekolah. Bandung: Yrama Widya.
Aqib, Z., dkk. (2011). Penelitian tindakan kelas untuk guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aulia, M., Misnawati, M., Apritha, A., Setyoningsih, R. A., Handayani, P., & Saptaniarsih, W. (2023). Pelajar Pancasila pada abad ke-21 di SMAN 1 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 134–151.
Fahik, M. (2023, May). Penerapan metode kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Malaka Barat tahun pelajaran 2022/2023. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 2, No. 1, pp. 215–226).
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 01(01).
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan pendekatan TaRL untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika peserta didik. PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–74. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Kusuma, W. (2011). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Indeks.
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, N. I., & Astawan, G. (2019). Model pembelajaran Team Games Tournament berbasis kearifan lokal Trikaya Parisutdha terhadap kearifan lokal karakter gotong royong dan hasil belajar IPA. Journal Pendidikan Multikultural, 01(01).
Sholikah, S. K., Sunarti, & Masfingatin, T. (2023). Meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa SMP melalui model PJBL dengan pendekatan TaRL. PTK Dan Pendidikan, 9(1).
Syafruddin, M. A., & Herman. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Group Tournament) terhadap kecerdasan emosional siswa MAN 2 Makassar. Jendela Olahraga, 05(1), 52–58.
Usman, U. (2007). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.