ANALISIS NILAI DIDAKTIS PADA NOVEL TITIK POTONG KARYA RIO S. PAMBUDI

Authors

  • Fania Nurtriana Universitas Negeri Medan
  • Sita Gresela Br.Pandia Universitas Negeri Medan
  • Trisnawati Hutagalung Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8929

Keywords:

novel, nilai, didaktis, titik potong

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam novel Titik Potong karya Rio S. Pambudi. Peneliti juga ingin mengetahui nilai didaktis yang lebih dominan di dalam novel Titik Potong karya Rio S. Pambudi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis kualitatif interpretatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan 14 nilai didaktis yaitu nilai kesabaran, nilai kegigihan dan keuletan, nilai empati, nilai saling berbagi, nilai menolong sesama, nilai kejujuran, nilai kesetiaan, nilai kesejatian, nilai hikmah, nilai toleransi, nilai menghargai sesama, nilai membalas kejelekan dengan kebaikan, nilai mengedepankan kebaikan dari keburukan dan nilai kualitas amal kebaikan. Diantara ke-14 nilai tersebut terdapat beberapa nilai yang paling menonjol dan banyak dijumpai di dalam novel tersebut, yaitu nilai empati dan nilai saling berbagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elmubarok, Zaim. 2019. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: ALFABETA.

Haerudin, D. 2012. Mengkaji Nilai-nilai Moral melalui Karya Sastra. Makalah. FPBS: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ismawirna, dkk. 2021. Analisis Nilai Didaktis dalam Hikayat Ibrahim Hasan Karya Nurman Syamhas. Jurnal Metamorfosa. 8(1). 105- 111.

Kasanova, Ria dan Anisa Fajriana Oktasari. 2019. Nilai-Nilai Didaktis dalam Novel “Matahari Di Atas Gilli” Karya Lintang Sugianto. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2). 47-58.

Raharjo, H. P., dan Eko Wiyanto. 2017. Mengenal Struktur Pembangun Karya Sastra. Sukoharjo: CV Sindunata.

Saragih, Desi Karolina. 2022. Nilai Didaktis pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata.

Sumaryanto. 2019. Karya Sastra Bentuk Prosa. Semarang: Mutiara Aksara.

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Fania Nurtriana, Sita Gresela Br.Pandia, & Trisnawati Hutagalung. (2023). ANALISIS NILAI DIDAKTIS PADA NOVEL TITIK POTONG KARYA RIO S. PAMBUDI. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 214–226. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8929