Analisis Sentimen Berbasis Aspek dan Deteksi Emosi dari Ulasan Timnas Indonesia di Instagram

Authors

  • I Made Bayu Artha Pratama Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Viktor Handrianus Pranatawijaya Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya
  • Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i4.10792

Keywords:

Sentimen, Emosi, Timnas Indonesia, Media Sosial, algoritma

Abstract

Olahraga, khususnya sepak bola ini memiliki peran penting dalam memperkuat citra nasional. dalam analisis sentimen dan emosi penggemar. terhadap Timnas Indonesia di piala Asia 2023 melalui komentar Instagram. Sebanyak 96.485 komentar dikumpulkan dan di proses menggunakan teknik Latent Dirichlet Allocation (LDA) untuk indentifikasi topik serta cosine similarity untuk menghubungkan aspek-aspek relevan.Emosi dilabeli menggunakan kamus NRC lexicon, sementara sentimen dianalisis secara manual dan dengan model Indobert, yang menunjukkan akurasi tertinggi, yaitu 97,58%.
Hasil penelitian menunjukkan dominasi sentimen positif (74,9%) dengan emosi utama trust dan joy, meski terdapat kritik signifikan terkait hasil pertandingan.Emosi negatif seperti anger dan fear muncul, mencerminkan ketidakpuasan sebagai penggemar.
Meskipun mayoritas penggemar merasa puas, terdapat kelompok yang sangat tidak puas dengan kinerja tim. Temuan ini memberikan wawasan bagi pihak terkait untuk meningkatkan performa dan kualitas interaksi dengan penggemar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30
Abstract viewed = 0 times