Sistem Informasi Gereja Pantekosta Tabernakel (GPT) di Kepengurusan Wilayah Kota Waringin Timur

Authors

  • Hawila Hawila Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya
  • Abertun Sagit Sahay Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya
  • Widiatry Widiatry Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i1.13111

Keywords:

Gereja, website, Waterfall, GPT

Abstract

Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubug, web terdiri dari page atau

halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage, homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait beranda yang ada di bawahnya, biasanya halaman hompage dibawahnya diebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web. Perkembangan dunia informasi yang semakin meningkat seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi komputer, membuat informasi telah menjadi suatu kebutuhan utama bagi seseorang.

Untuk saat ini ada beberapa Gereja yang berdiri di daerah Kotawaringin Timur, yang mana beberapa  gereja  tersebut  masih  belum  mempunyai  website  yang  dapat  digunakan  untuk

pencatatan dan penyebaran informasi tentang Gereja Pantekosta Tabernakel.

Dari permsalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu aplikasi berbasis web, yang di gunakan untuk mengelola informasi yang berhubungan dengan Gereja Pantekosta Tabernakel, seperti data jemaat, data informasi ibadah, data baptisan dan data-data lainnya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode Waterfall yang terbagi beberapa tahapan yaitu requirements definition, system and software design, implemetation and unit testing, dan integration and system testing. Sistem dibangun dengan bahasa pemrograman PHP menggunakan framework CodeIginiter dan database MySQL serta diuji dengan metode blackbox testing.

Hasil dari penelitian yaitu sebuah website yang digunakan untuk mengelola data-data yang berhubungan dengan Gereja Pantekosta Tabernakel.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31