IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UPR DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR

IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UPR DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR

Authors

  • Winda Lestiani Universitas Negeri Surabaya
  • bachtiarsbach Universitas Negeri Surabaya
  • lamijan susarno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12084

Abstract

Teori belajar yang bisa digunakan dalam pendidikan yaitu teori behavirostik, kognitif, dankonstruktivis.
Kurikulum MBKM memberikan warna baru dalam dunia pendidikan. Implementasikurikulum didasari atas
teori belajar. Artikel ini bertujuan menjelaskan implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus
Merdeka) dalam perspektif tori belajar. Metode yang digunakan adalah studi literatur yaitu mengumpulkan
referensi tentang tentang teori belajar, kurikulum MBKM Prodi Teknologi Pendidikan UPR untuk ditarik
benang merah agar mendapatkan intisari. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber fisik yaitu
berupa buku, pedoman, artikel jurnal cetak maupun sumber online. Data yang dikumpulkan berupa
kualitatif. Implementasi kurikulum merdeka di Program Studi Teknologi Pendidikan menunjukkanbahwa dari
8 program MBKM, ada 3 Program MBKM yang diikuti oleh mahasiswa. Salah satu model pembelajaran
yang digunakan dalam kurikulum MBKM Program Studi Teknologi Pendidika yaitu Pembelajaran Berbasis
Proyek (PjBL) yang melibatkan mahasiswa untuk berperanaktif dan membangun dan mengkonstruksikan
pengetahuannya. Kurikulum MBKM didasari olehteori konstruktivistik yang mendominasi, tetapi tetap ada
unsur behavioristik dan kognitif. Implementasi Kurikulum MBKM yang berlandaskan teori belajar
konstruktivisme ini menekankan aspek kemerdekaan atau kebebasan pada mahasiswa maupun dosen
untuk mengembangkan proses pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata yang selanjutnya
dihubungkan pada teori atau konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-20

Most read articles by the same author(s)