EFEKTIVITAS SELF-REGULATED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH MOJOAGUNG JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i1.15144Keywords:
Self-Regulated Learning, Hasil Belajar, Madrasah AliyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas self-regulated learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest dan penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XII di Sekolah Madrasah Aliyah Assulaimaniyah Mojoagung, Jombang, yang terlibat dalam satu kelompok pretest dan postest. Instrumen penelitian berupa tes prestasi akademik dan kuesioner self-regulated learning. Data dianalisis dengan uji t berpasangan sehingga dapat dilihat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan-signifikan pada hasil belajar peserta didik (t = -5.89, p < 0.001) dan self-regulated learning (t = -6.45, p < 0.001) siswa setelah mengalami perlakuan self-regulated learning. Kesimpulan dari riset ini adalah self-regulated learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.