EFEKTIVITAS SELF-REGULATED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH MOJOAGUNG JOMBANG

Authors

  • Pradana Din Permadi Universitas Palangka Raya
  • Irfiana Rohmatin Madrasah Aliyah Assulaimaniyah, Mojoagung, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i1.15144

Keywords:

Self-Regulated Learning, Hasil Belajar, Madrasah Aliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas self-regulated learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest dan penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XII di Sekolah Madrasah Aliyah Assulaimaniyah Mojoagung, Jombang, yang terlibat dalam satu kelompok pretest dan postest. Instrumen penelitian berupa tes prestasi akademik dan kuesioner self-regulated learning. Data dianalisis dengan uji t berpasangan sehingga dapat dilihat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan-signifikan pada hasil belajar peserta didik (t = -5.89, p < 0.001) dan self-regulated learning (t = -6.45, p < 0.001) siswa setelah mengalami perlakuan self-regulated learning. Kesimpulan dari riset ini adalah self-regulated learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irfiana Rohmatin, Madrasah Aliyah Assulaimaniyah, Mojoagung, Jombang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Terbuka 

Downloads

Published

2025-01-28