OPTIMALISASI MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MA NURUL FIKRI
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i2.19339Keywords:
Pembelajaran SKI, Literasi DigitalAbstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) seringkali dianggap monoton dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media digital dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa di MA Nurul Fikri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital, seperti video animasi, kuis interaktif, dan platform pembelajaran daring, meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi SKI. Selain itu, integrasi teknologi dalam pembelajaran memungkinkan penyampaian materi yang lebih dinamis dan kontekstual. Namun, implementasi media digital menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya keterampilan guru dalam penggunaan teknologi, serta kesenjangan akses digital di kalangan siswa. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan peningkatan pelatihan guru, penguatan literasi digital siswa, serta investasi dalam sarana dan prasarana teknologi. Dengan optimalisasi penggunaan media digital, pembelajaran SKI dapat menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan Islam di era digital