PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Winda Lestiani Universitas Palangka Raya
  • Jeni Wulandari Universitas Palangka Raya
  • Isna Fauziah Universitas Palangka Raya

Keywords:

Bimbingan Belajar Kelompok, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Bimbingan Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar  Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang meminta untuk mendalami materi tersebut akibat kurangnya penguasaan materi ketika jam pembelajaran berlangsung di kelas, kurangnya jam belajar siswa di rumah, hal ini disebabkan terlalu banyak waktu bermain anak sehingga ketika diminta untuk belajar mereka mengaku sudah lelah akibatnya kewajiban anak dalam belajar terabaikan. Masih banyak nilai siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan belajar kelompok, terhadap hasil belajar.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 72 orang siswa, pengumpulan data menggunakan angket. Setelah data didapat, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Dari hasil analisis regresi dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier sederhana = 38.301 + 0.538 X dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada terdapat pengaruh  yang signifikan antara bimbingan belajar kelompok terhadap hasil belajar  siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil dari uji keberartian koefisien korelasi (Uji-t) diperoleh nilai thitung sebesar  8.747 untuk variabel bimbingan belajar kelompok dan variabel hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021, nilai  ini dikonsultasikan dengan nilai ttabel N = 72 pada taraf signifikansi 5% sebesar 1.993 karena thitung lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima, dan dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh  yang signifikan antara bimbingan belajar kelompok terhadap hasil belajar  siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-01-12