PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v1i1.2768

Keywords:

animasi powtoon, prestasi belajar.

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi  terhadap prestasi belajar peserta didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian  populasi ini diaksanakan di SMK Karsa Mulya Palangka Raya, Kalimantan Tengah dengan sampel 68 siswa kelas XI Multimedia.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual dengan fakta – fakta dengan cara mengumpulkan data, mengolah, menganalisis, dan menginterprestasi data dalam pengujian hipotesis statistik. Variabel Bebas (X) adalah pengaruh media pembelajaran animasi  powtoon sebagai media pembelajaran dan  variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar. Tekniik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Sederhana dan  uji  hipotesis  penelitian.

 Hasil analisis diketahui bahwa: 1. hasil analisis regresi menunjukkan bahwa media pembelajaran animasi powtoon (Variabel X) memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik (Variabel Y). Hal tersebut dibuktikan dengan persamaan garis linear sederhana adalah ? = 7,011 + 1,703 X. Hal ini menunjukan bahwa nilai tidak hanya dipengaruhi oleh ? saja, tetapi ada faktor lain yang juga mempengaruhinya; 2. tingkat pengaruh antara media animasi powtoon dengan prestasi belajar siswa adalah sangat kuat yaitu 0, 982 dalam mempengaruhi prestasi belajar peserta didik; 3. berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung= 2,273 untuk X dan Y. Harga ini dikonsultasikan dengan dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel= 1,66515. Karena thitung> ttabel, maka Haditerima. Artinya: Ada pengaruh yang signifikasi antara Media Pembelajaran Animasi Powtoonterhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-01-12