PENGARUH APLIKASI RUANG GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMPN 1 MANTIAT PARI KABUPATEN MURUNG RAYA SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Erwinda Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v1i2.2794

Keywords:

Aplikasi Ruangguru, Minat Belajar

Abstract

ABSTRAK
Aplikasi Ruangguru ini lebih dari sekedar game dan menjadi sosialita
dunia maya, namun penuh dengan edukasi, informasi dan hiburan kini hadir menjadi
bagian dari media online dalam bidang pendidikan. Tujuan hadirnya Ruangguru
memberi harapan agar siswa bisa semangat dalam belajar dan dalam peningkatan
prestasi juga untuk memberikan cara belajar yang asik dan kreatif sehingga dapat
meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh aplikasi Ruangguru terhadap minat belajar siswa SMPN 1
Mantiat Pari Kabupaten Murung Raya semester dua tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel
penelitiannya adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 1 Mantiat Pari Kabupaten
Murung Raya semester dua tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 55 orang.
Data didapatkan dari angket. Teknik analisis data menggunakan analisis analisis
regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aplikasi
Ruangguru terhadap minat belajar siswa SMPN 1 Mantiat Pari Kabupaten Murung
Raya semester dua tahun pelajaran 2020/2021. Hasil dari analisis regresi diperoleh
diketahui nilai thitung = 3,655 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 13,358
dengan tingkat signifikan / probablitas 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha
diterima, yang berarti bahwa variabel aplikasi Ruangguru (X) ada pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap variabel minat belajar. Hasil koefisien determinasi
diperoleh angka sebesar 20,1%, yang menandakan bahwa penggunaan aplikasi
Ruangguru mempengaruhi peningkatan minat belajar sebesar 20,1% dan 79,9%
dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-07-03