PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 KAPUAS TIMUR KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021
PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 KAPUAS TIMUR KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v2i1.4079Abstract
Kehadiran smartphone selaku media pendukung proses
belajar jadi sangat diperlukan buat pelaksanaan sistem tersebut.
Diiringi dengan internet, kecanggihan smartphone untuk mengakses
berbagai macam informasi akan lebih cepat dan mudah. Proses
pembelajaran antara guru dan siswa juga akan lebih interaktif. Buat
mengakses bermacam berbagai data hendak lebih kilat serta
gampang. Proses pendidikan antara guru serta siswa pula hendak
lebih interaktif. Dengan terdapatnya pandemi Covid– 19 mengganti
seluruh rutinitas pembelajaran di sekolah. Siswa diharuskan untuk
mengikuti pembelajaran jarak jauh dari rumah. Pemakaian
smartphone pada masa pandemi Covid - 19 ini harus digunakan
oleh siswa disebabkan diterapkan pendidikan secara online
sehingga mengharuskan siswa wajib mempunyai smartphone
selaku penunjang utama dalam belajar online. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
smartphone pada pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa
di SMPN 1 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas tahun pelajaran
2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi penelitiannya adalah siswa SMPN 1 Kapuas Timur
Kabupaten Kapuas tahun pelajaran 2020/2021 sedangkan sampel
penelitiannya adalah siswa kelas 7A dan 8A dengan jumlah
keseluruhan sebanyak 60 siswa. Data didapatkan dari angket dan
nilai UTS. Teknik analisis data menggunakan uji regresi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan smartphone pada pembelajaran
online terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Kapuas Timur
Kabupaten Kapuas tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil
analisis uji t diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan
smartphone pada pembelajaran online (X) dan variabel hasil belajar
(Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 4,616
sedangkan pada ttabel adalah 2,002 pada taraf signifikansi 5% yang
berarti bahwa Ha diterima. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh
nilai sebesar 26,9% dan 73,1% merupakan faktor yang
mempengaruhi variabel Y dari faktor lain yang tidak diteliti oleh
peneliti. Hal ini memberikan gambaran bahwa semakin baik
penggunaan smartphone pada pembelajaran online oleh siswa
maka semakin meningkat hasil belajar siswa di SMPN 1 Kapuas
Timur Kabupaten Kapuas tahun pelajaran 2020/2021.