ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN GURU SMK NEGERI 3 PALANGKARAYA PADA TAHUN AJARAN 2021/2022 DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING

Handi Prayoga, Dr. Dra.Nani Setiawati, M.Si, Ima Pinensi BR. Tarigan, S.Pd, M.Pd

Authors

  • Handi Prayoga Handi Universitas Palangkaraya
  • Dr. Dra.Nani Setiawati, M.Si Universitas Palangka Raya
  • Ima Pinensi BR. Tarigan, S.Pd, M.Pd Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v2i2.4768

Keywords:

Kesiapan Guru, Media Pembelajaran E-Learning

Abstract

Guru dalam kegiatan pembelajaran, dituntut memiliki multi peran sehingga
mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif. Agar dapat mengajar efektif,
guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa dan meningkatkan mutu
mengajarnya, dimulai dengan rancangan pembelajaran yang baik dengan
memperhatikan tujuan, karakteristik siswa, materi yang diajarkan, dan sumber
belajar yang tersedia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui untuk mengetahui
kesiapan guru SMK Negeri 3 Palangka Raya pada semester ganjil tahun ajaran
2021/2022 dalam menggunakan media pembelajaran e-learning dilihat dari faktor
kesiapan pengetahuan dan kesiapan keterampilan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif
Subjek dalam penelitian ini adalah guru SMKN 3 Palangka Raya tahun pelajaran
2021/2022 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan
data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persentase.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa pada umumnya guru SMK Negeri 3 Palangka Raya
pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 35 orang atau 86,1% setuju
bahwa kesiapan guru SMK Negeri 3 Palangka Raya pada semester ganjil tahun
ajaran 2021/2022 dalam menggunakan media pembelajaran e-learning sudah
dipersiapkan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-14