PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL E-BOOK MATA KULIAH RANCANGAN PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v3i1.8273Abstract
E-book adalah salah satu alternatif sumber belajar yang terdiri dari teks, gambar, video maupun suara yang dipublikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca dikomputer maupun perangkat elektronik lainnya, sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik.
Pada mata kuliah rancangan pembelajaran mahasiswa tidak memiliki buku pegangan dalam mata kuliah tersebut. Mahasiswa menanggapi bahwa mata kuliah ini perlu menggunakan bahan ajar khusus dalam perkuliahan agar pembelajaran lebih efektif dan dapat memudahkan memahami materi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan, desain, validitas dan tingkat kepraktisan pengembangan bahan ajar digital E-book Mata Kuliah Rancangan Pembelajaran pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model yang dikemukakan Thiagarajan dan Semmel (Trianto 2007: 65) yaitu 4D, adapun empat tahapnya yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitiannya adalah mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2020 kelas B sebanyak 16 mahasiswa, 2 dosen validator yang terdiri dari ahli materi/isi dan ahli media dan 1 dosen prodi teknologi pendidikan. Data diperoleh dengan menggunakan angket penelitian. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa tingkat analisis kebutuhan produk bahan ajar rancangan pembelajaran berada pada kualifikasi dibutuhkan, desain tampilan bahan ajar menggunakan aplikasi flip pdf profesional 2.4.6.8 serta produk bahan ajar digital E-book dinyatakan valid dan praktis.