ANALISIS ALTRUISME TOKOH DALAM NOVEL SEBUAH PENANTIAN KARYA SEPTIA KHOIRUNNISA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Penulis

  • Nova
  • purwaka
  • Diman

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v3i1.4951

Kata Kunci:

altruisme, psikologi sastra, novel, implikasi, pembelajaran sastra.

Abstrak

        Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk altruisme tokoh dalam novel Sebuah Penantian karya Septia Khoirunnisa berciri empati. (2) Mendeskripsikan bentuk altruisme tokoh dalam novel Sebuah Penantian karya Septia Khoirunnisa berciri ikhlas. (3) Mendeskripsikan implikasi dari analisis altruisme tokoh dalam novel Sebuah Penantian karya Septia Khoirunnisa pada pembelajaran sastra di SMA.

       Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi sastra. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka, teknik simak dan lanjut teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis teks.

        Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, adanya sikap tokoh altruisme berciri empati ada 14 data. Yaitu pada aspek kognitif dua data, aspek afektif dua belas data. Sikap tokoh altruisme berciri Ikhlas ada 15 data. terdapat kerja sama dua data, kejujuran tiga data, menolong empat data, kedermawanan lima data, mempertimbangkan hak dan kesejahteraan orang lain satu data.

       Implikasi pembelajaran sastra di SMA dalam novel Sebuah Penantian karya Septia Khoirunnisa ini dimanfaatkan sebagai bahan pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah untuk mengapresiasikan sastra bagi peserta didik, dan untuk lebih memahami apa itu analisis altruisme tokoh dalam novel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

20-06-2022

Cara Mengutip

Nova, N., purwaka, albertus, & Diman, P. (2022). ANALISIS ALTRUISME TOKOH DALAM NOVEL SEBUAH PENANTIAN KARYA SEPTIA KHOIRUNNISA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Jurnal Tambuleng, 3(1). https://doi.org/10.1234/jt.v3i1.4951

Terbitan

Bagian

Jurnal Tambuleng (Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)