FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PESERTA DIDIK MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dony Apriatama Universitas Palangkaraya
  • May Cynthia Sitompul Universitas Palangkaraya
  • Novia Aldhora Universitas Palangkaraya
  • Mery Soraya Universitas Palangkaraya
  • Cantika Cantika Universitas Palangkaraya
  • Filery Maria Theressa Universitas Palangkaraya

Keywords:

kesulitan belajar, pembelajaran daring

Abstract

Kesulitan belajar merupakan gangguan yang dimiliki anak terkait dengan faktor internal dan eksternal pada anak yang menyebabkan kesulitan otak dalam mengikuti proses pembelajaran secara normal dalam hal menerima, memproses, dan menganalisis informasi yang didapat selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu  faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar meliputi gangguan atau kekurangmampuan psiko fisik anak didik, yang bersifat kognitif (ranah cipta), antara lain seperti rendahnya kapasitas intelektual anak didik, bersifat afektif (ranah rasa), antara lain seperti labilnya emosi dan sifat, dan bersifat psikomotor (ranah karsa), seperti terganggunya alat-alat indra pengelihatan dan pendengaran (mata dan telinga). Kesimpulannya kemampuan anak yang masih kurang dalam mengaplikasikan teknologi sebagai media daring (handphone ataupun komputer). Selanjutnya dalam pemberian tugas, peserta didik cenderung marah ketika diberikan tugas karena menganggap tugas adalah merupakan beban untuk mereka. Selain itu terganggunya alat-alat indra pengelihatan dan pendengaran (mata dan telinga) seperti misalnya dalam pembelajaran online melalui daring menggunakan videoconference, peserta didik mengalami kelelahan mata jika harus berlama-lama memandang layar handphone ataupun komputernya. Kesulitan mendengarkan suara guru ketika pembelajaran daring cenderung terjadi ketika media microphone dan speaker guru dan murid kurang memadai.

Published

2022-03-30

How to Cite

Apriatama, D., Cynthia Sitompul, M., Aldhora, N., Soraya, M., Cantika, C., & Maria Theressa, F. (2022). FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PESERTA DIDIK MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Tambuleng: Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(1). Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/4389

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.