Metode Demonstrasi Sebagai Metode Pembelajaran Penerapan Pola Lantai Tari Di Kelas VIII SMP Kristen Palangka Raya
Keywords:
Metode , Demonstrasi, Aktivitas, Hasil , BelajarAbstract
Berdasarkan observasi yang terletak pada SMP Kristen Palangka Raya di Kelas VIII bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang sifatnya praktik terkhususnya di pembelajaran seni budaya pada materi seni tari. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi sebagai aktivitas belajar peserta didik yang dianalisiskan secara kualitatif. Metode ini merupakan salah satu jenis metode pembelajaran dengan cara memperagakan suatu benda, peristiwa, aturan dan sebagainya untuk melakukan suatu kegiatan secara langsung maupun media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil test tertulis skor terdapat 52% yang lulus standar KKM dan hasil test praktik diperoleh skor 84% yang lulus standar KKM. Untuk hasil belajar afektif diperoleh pada pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran guru saat menggajar, dapat dilihat dari adanya perubahan dan peningkatan nilai rata-rata persentase kelas yang diperoleh dengan menggunakan metode demonstrasi. Serta untuk hasil belajar psikomotorik dalam bentuk keterampilan dan kemampuan berdasarkan hasil aspek kognitif dan afektif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Tambuleng: Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.