Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Kelurahan (Studi Di Kelurahan Parparean Iii Kecamatan Porsea Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara)

Authors

  • Marito Febrianti Napitupulu Universitas Palangka Raya
  • Suprayitno Universitas Palangka Raya
  • Melia Sintha Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jap.v11i2.22436

Keywords:

Kata Kunci: Disiplin Kerja; Kualitas Pelayanan; Pelayanan Publik

Abstract

Pentingnya disiplin kerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada suatu instansi pemerintah khususnya di Kantor Kelurahan Parparean III menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Disiplin kerja pegawai adalah suatu sikap pegawai yang tercermin dalam perilaku untuk menaati segala peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam suatu organisasi. bahwa kualitas pelayanan merupakan bentuk pelayanan kepada pelanggan atau masyarakat yang sesuai dengan  pegawai dapat mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan di Kelurahan Parparean III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin kerja pegawai terhadap peningkatan kualitas pelayanan di Kelurahan Parparean III Kecamatan Porsea Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin kerja pegawai dengan peningkatan kualitas pelayanan di Kelurahan Parparean III. Secara parsial, penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi disiplin kerja pegawai, maka semakin meningkat pula kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
DOI: 10.37304/jap.v11i2.22436 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jap.v11i2.22436
Views: 0 | Downloads: 0

Downloads

Published

2025-10-16

Most read articles by the same author(s)