Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Tuna Rungu Melalui Keterampilan Tangan Di Gerkatin Cabang Palangka Raya

Authors

  • Maulana Safitri Universitas Palangka Raya
  • Puput Ratnasari Universitas Palangka Raya

Keywords:

Pemberdayaan, Tuna Rungu, Keterampilan Tangan

Abstract

Tulisan ini dilakukan dengan untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan penyandang disabilitas tuna rungu dan menganalisis tahapan pemberdayaan, Prinsip 1). Prinsip Kesetaraan, 2). Prinsip Partisipasi, 3). Prinsip Keswadayaan dan Kemandirian, dan 4). Prinsip Berkelanjutan, faktor pendukung dan penghambat dari proses pemberdayaan di GERKATIN Cabang Palangka Raya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada hasil penelitian di GERKATIN Cabang Palangka Raya sudah menjadi wadah untuk beberapa para penyandang disabilitas tuna rungu dalam mengembangkan potensi yang ada melalui program keterampilan tangan yang berdampak kepada para penyandang disabilitas tuna rungu berani dalam bersosialisasi di lingkungan masyarakat, menjadi narasumber di berbagai acara, dapat membuat keterampilan tangan dari tali kur dan rotan yang dibuat menjadi berbagai macam keterampilan tangan seperti pembuatan tas dari rotan, tas tali kur, tas rajut, gelang, kalung, bros, gantungan kunci, dan aksesoris lainnya. Mampu merubah ekonomi diri sendiri maupun keluarga dan menjadi pribadi yang mandiri. Dalam pemberdayaan di GERKATIN untuk para penyandang disabilitas memiliki faktor pendukung dan faktor hambatan pada faktor pendukung yaitu dari penjualan produk dan lingkungan. Faktor Penghambat yaitu dari dana yang terbatas untuk meningkatkan produksi keterampilan tangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-30