Persepsi Pengunjung Terhadap Taman Wisata Alam Madapangga, Kabupaten Bima
Visitors' Perception of Madapangga Nature Tourism Park, Bima Regency
DOI:
https://doi.org/10.36873/jht.v19i2.17344Kata Kunci:
Persepsi pengunjung, Taman Wisata Alam, MadapanggaAbstrak
Taman Wisata Alam (TWA) Madapangga merupakan salah satu kawasan konservasi yang memiliki potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. TWA ini memiliki potensi flora, fauna, mata air, sungai, dan panorama alam yang dikembangkan dengan konsep ekowisata. Persolan yang terjadi pada saat ini yaitu, tingginya potensi wisata tidak sebanding dengan jumlah kunjungan wisatawan, dalam arti keindahan dan keunikan di TWA ini ini belum mampu mendatangkan banyak wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan yaitu; (1) mengukur tingkat persepsi pengunjung ditinjau dari aspek Attraction, Accessibility, Amenity, dan Ancillary Services; (2) mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi persepsi pengunjung terhadap pengelolaan objek dan daya tarik wisata di TWA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penentuan lokasi dan responden menggunakan teknik Purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan data menggunakan accidental sampling dan analisis data yang digunakan yaitu skala likert. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek atraction dikategorikan baik dengan persentase 100%, untuk aspek accessibility wisatawan berpendapat kondisi akses menuju TWA baik dgn jumlah 80%, dan masih terdapat penilaian kurang baik seumlah 20%. Pada aspek amenitas, mayoritas wisatawan menilai amenitas di TWA masih tergolong kurang baik dgn jumlah 99%, dan ketegori tidak baik sejumlah 1%. Pada aspek ancilary service wisatawan menyatakan berada pada kategori baik sejumlah 58% dan kategori kurang baik sejumlah 42%. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pengunjung ada 2 yaitu faktor internal yang terdiri dari umur dan pendidikan, sedangkan faktor eksternal terdiri dari informasi dan pengalaman, analisis regresi menunjukkan faktor pengalaman memiliki pengaruh terhadap persepsi pengunjung sedangkan faktor umur, pendidikan dan informasi tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Uswatun Ijah, Hairil Anwar, Kornelia Webliana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.