STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN BAWIN KAMELOH DI TAMAN HUTAN RAYA LAPAK JARU DI KABUPATEN GUNUNG MAS (Developing Tourists Area of Bawin Kameloh Waterfall at the Grand Forest Parks of Lapak Jaru in Gunung Mas District)
I Kadek Septiady Putra1 ,Yanarita2 dan Antonius Triyadi2
DOI:
https://doi.org/10.36873/jht.v13i2.298Kata Kunci:
Objek wisata air terjun, Bawin Kameloh, Analisis SWOT.Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsi atau memberikan gambaran potensi objek wisata
khususnya kondisi prasarana dan sarana, manajemen pengelolaan Obyek Wisata Air Terjun
Bawin Kameloh, mengetahui strategi pengembangan tentang faktor pendorong dan penghambat
pengembangan wisata serta menganalisis potensi dengan menggunakan analisis deskriftif dan
analisis SWOT. Dengan menggunakan analisis Deskriptif, dengan menghasilkan strategi
pengembangan tentang faktor pendorong dan penghambat pengembangan wisata dimana yang
menjadi faktor utama yaitu keterbatasan anggaran untuk biaya pengembangan sarana dan
prasarana serta belum ada tenaga profisional dalam pengelolaan objek wisata. Sedangkan yang
menjadi faktor pendorongnya adalah panorama alam yang indah, sejuk dan masih asli serta
suasana objek wisata yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung objek wisata. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan objek wisata air terjun Bawin Kameloh
berada pada kuadran I dengan nilai X (faktor internal) = 2,197, dan nilai Y (faktor eksternal) =
0,176, dengan menghasilkan alternative strategi yang dapat digunakan, adalah SO (Strength and
Opportunities).
Kata kunci: Objek wisata air terjun, Bawin Kameloh, Analisis SWOT.