STUDI PERSEPSI TERHADAP STRATEGI DAN MODEL PERGURUAN TINGGI KALIMANTAN TENGAH DALAM MERAIH INDIKATOR KINERJA UTAMA

Authors

  • Mochamad Doddy Syahirul Alam Universitas Palangka Raya
  • Katriani Puspita Ayu Universitas Palangka Raya
  • Jhon Retei Alfri Sandi Universitas Palangka Raya

Abstract

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka memberikan harapan bagi perguruan tinggi untuk berkreasi dan berinovasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan menyelaraskan lulusan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industry. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi berupa strategi dan model terhadap pelaksanaan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif guna menggali data primer dan data sekunder sebanyak-banyaknya. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa beberapa perguruan tinggi di Kalimantan Tengah memiliki kesiapan yang berbeda-beda dalam menjalankan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Kendala keuangan untuk kebutuhan berkreasi dan berinovasi seringkali menjadi hambatan utama. Hal tersebut tidak terlepas dari minimnya dunia usaha dan dunia industry di Kalimantan Tengah. Dengan demikian dibutuhkan strategi dan model implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang lebih fleksibel dan akomodatif sesuai dengan postur keuangan masing-masing perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Syahirul Alam, M. D., Ayu, K. P., & Alfri Sandi, J. R. (2024). STUDI PERSEPSI TERHADAP STRATEGI DAN MODEL PERGURUAN TINGGI KALIMANTAN TENGAH DALAM MERAIH INDIKATOR KINERJA UTAMA . Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 13(1), 365–377. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JISPAR/article/view/12585

Issue

Section

Articles