STUDI PERSEPSI TERHADAP STRATEGI DAN MODEL PERGURUAN TINGGI KALIMANTAN TENGAH DALAM MERAIH INDIKATOR KINERJA UTAMA
Abstract
Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka memberikan harapan bagi perguruan tinggi untuk berkreasi dan berinovasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan menyelaraskan lulusan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industry. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi berupa strategi dan model terhadap pelaksanaan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif guna menggali data primer dan data sekunder sebanyak-banyaknya. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa beberapa perguruan tinggi di Kalimantan Tengah memiliki kesiapan yang berbeda-beda dalam menjalankan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Kendala keuangan untuk kebutuhan berkreasi dan berinovasi seringkali menjadi hambatan utama. Hal tersebut tidak terlepas dari minimnya dunia usaha dan dunia industry di Kalimantan Tengah. Dengan demikian dibutuhkan strategi dan model implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang lebih fleksibel dan akomodatif sesuai dengan postur keuangan masing-masing perguruan tinggi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mochamad Doddy Syahirul Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.