Rasionalitas Pemilih Pemula di Kota Palangka Raya dalam Mengikuti Proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024

Authors

  • Vivi friskilia Universitas Palangka Raya
  • M. Zainuddin Lutfi Fauzi Universitas Palangka Raya
  • Edward Melio Bertho Universitas Palangka Raya
  • Yonatan Ari Santoso Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v13i2.14700

Abstract

Pemilhan umum adalah hak setiap masyarakat untuk terlibat aktif dalam setiap kegiatan dalam pemilihan umum, banyak rangkaian kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat, hal ini juga yang dilakukan oleh pemilih pemula dikota palangkaraya dalam kegiatan pemilihan umum serentak tahun 2024. Pemilih pemula dikota palangkaraya terlibat aktif dalam mengikuti proses pemilihan umum. Hal ini dilakukan karena pemilih pemula ingin mengkespresikan suara yang dimiliki dalam proses pemilihan umum tahun 2024.

Penelitiam ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan menarik kesimpulan terhadap hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa informan yang sudah dipilih sesuai dengan kriteria tertentu. Untuk teknik pemilihan informan menggunakan tekni snowball dikarenakan masih tertutupnya masyarakat yang bersedia untuk diwawancara sehingga dengan teknik snowball tersebut didapatkan petunjuk dari informan yang sudah diwawancarai untuk mewawancara informan selanjutnya sampai hasil wawancara dianggap jenuh.

Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh pemilih pemula dikota palangkaraya, yakni pemilih pemula mengumpulkan informasi politik terkait dengan pemilu untuk dijadikan refensi dalam menentukan pilihan di bilik susara, selain itu pemilih pemula dikota panagkaraya juag aktif menyaksikan debat politik yang disisrakan secara langsung di televise nasional dan juga saluran youtube dan pemilih pemula dikota paangkaraya juga mengikuti kampanye politik dalam rangka memberikan dukungan politik secara langsung dalam proses pemilihan umum tahun 2024. Yang terakhir pemilih pemula memberika dukungan secara voting kepada kontestan politik dengan memeberikan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarjo, Miriam 1981. Demokrasi di Indonesia, demokrasi Parlementer dan demokrasi pancasila. Gramedia Pustaka utama. Jakarta

Bungin, Burhan. 2012. Analisis Data penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Hanan, D. (2016). Memperkuat Presidensialisme Multipartai di Indonesia: Pemilu Serentak, Sistem Pemilu dan Sistem Kepartaian. Jurnal Universitas Paramadina, 13, 1451–1475.

Juniar, A. (2021). Redesain Demokrasi Internal Partai Politik: Upaya Mencegah Oligarki dan Korupsi Partai Politik. Jurnal Politikom Indonesiana, 6(1), 17–39.

Philipus. 2010. Sosiologi dan Politik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ritzer, George. 2011. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Saputro, Agus. 2022. Agama dan Negara: Politik identitas menuju Pilpres 2019. Jurnal asketik. Kediri (https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/asketik/article/view/1074) diakses pada Rabu 3 mei 2023

Upe, Ambo. 2008. Sosiologi Politik Kontemporer (Kajian tentang Rasionalitas perilaku pemilih di Era Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wirawan, Ida Bagus. 2012. Teori- Teori Sosial dalam tiga paradigm Fakta sosial, defines sosial dan perlaku sosial. Jakarta: Prenada Media Grup

Internet

https://news.detik.com/berita/d-4215354/ada-5-juta-pemilih-pemula-di-pemilu-2019

https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NTA1Nw

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Vivi friskilia, M. Zainuddin Lutfi Fauzi, Edward Melio Bertho, & Yonatan Ari Santoso. (2024). Rasionalitas Pemilih Pemula di Kota Palangka Raya dalam Mengikuti Proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 13(2), 500–510. https://doi.org/10.37304/jispar.v13i2.14700

Issue

Section

Articles