Kualitas Pelayanan Publik Pada Administrasi Kependudukan di Bidang Pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) (Studi Pada Kantor Kecamatan Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau)

Authors

  • Ayu Sarah

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v10i1.2287

Keywords:

Kualitas Pelayanan Publik, E-KTP, Masyarakat Desa

Abstract

Kantor Kecamatan Banama Tingang merupakan bentuk dari lembaga pelayanan publik yang membantu melayani kebutuhan masyarakat di Kecamatan tersebut khususnya dalam proses administrasi kartu tanda penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana kualitas pelayanan publik terhadap layanan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Banama Tingang dalam memberikan pelayanan pada bidang E-KTP dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Banama Tingang. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan 7 variabel yaitu ketepatan waktu dalam pelayanan, akuransi pelayanan, sopan santun dan keramahan, kemudahan mendapatkan pelayanan, kenyamanan konsumen, faktor penghambat dan faktor pendukung.
Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun wawancara ditunjukan kepada camat, sekertaris camat, staf dan petugas kecamatan serta masyarakat, dokumen yang didapatkan berupa data-data yang berhubungan dengan objek penelitian. Serta juga melakukan observasi langsung ke lapangan. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisa datanya adalah data kualitatif dengan menganalisa yakni reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mutu dari kualitas dari pelayanan tidak bagus hal ini didapatkan dari 7 (tujuh) indikator yang masih banyak keluhan masyarakat seperti waktu pembuatan yang tidak konsisten dan informasi yang belum bisa diterima masyarakat secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-09 — Updated on 2022-09-28

Versions

How to Cite

Sarah, A. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Pada Administrasi Kependudukan di Bidang Pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) (Studi Pada Kantor Kecamatan Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau). Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 10(1), 25–34. https://doi.org/10.37304/jispar.v10i1.2287 (Original work published February 9, 2021)

Issue

Section

Articles