Pemetaan Kemiskinan dengan Pendekatan Lingkungan Sebagai Tahapan Pengentasan Kemiskinan di Kota Kediri

Authors

  • Suwarno
  • Rizki Yudha Bramantyo

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v10i1.2290

Keywords:

Kemiskinan, Pendekatan Lingkungan

Abstract

Kemiskinan menjadi problem setiap manusia, masyarakat, daerah, bahkan setiap negara di dunia. Oleh karena itu program pengentasan kemiskinan juga menjadi program setiap daerah dan negara di dunia tersebut. Lingkungan sebagai tempat tinggal manusia memiliki andil dalam terjadinya kemiskinan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuam untuk mendeskripsikan pendekatan lingkungan sebagai upaya untuk melakukan pemetaan kemiskinan, inventarisir penyebab kemiskinan dan kemudian menjadi solusi untuk menyusun program pengentasan kemiskinan. Pendekatan kualitatif menjadi opsi untuk dapat menjawab tujuan tersebut, mengingat pendekatan penelitian kualitatif dapat menggali data sampai mendalam baik secara personil maupun kelembagaan. Penentuan informan menggunakan teknik purposive, dan pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul diuji dengan uji validasi data dan hasilnya dianalisis dengan analisis SWOT. Hasil penelitian sebagai berikut : Pertama, Kemiskinan wilayah perkotaan: terdapat 7 (tujuh) variabel penyebab terjadinya kemiskinan yaitu: (1) motivasi kerja yang rendah, (2) kurangnya kreaktifitas, (3) rendahnya inisiatif, (4) kurangnya kepemilikan aset untuk berproduksi, (5) daya beli yang rendah, (6) pola konsumsi, dan (7) kondisi keluarga/orang tua sebelumnya.
Kedua, Kemiskinan Wilayah Pinggiran Kota: terdapat 9 (sembilan) variabel penyebab terjadinya kemiskinan yaitu : (1) rendahnya kreaktifitas, (2) Besarnya anggota keluarga yang menjadi tanggungan, (3) rendahnya tingkat pendidikan, pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki, (4) kepemilikan aset untuk berproduksi, (5) daya beli yang rendah, (6) kepuasan,(7) pola konsumsi, dan (8) besarnya anggota keluarga yang menjadi tanggungan (9) pendidikan yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-09 — Updated on 2022-09-28

Versions

How to Cite

Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. B. (2022). Pemetaan Kemiskinan dengan Pendekatan Lingkungan Sebagai Tahapan Pengentasan Kemiskinan di Kota Kediri. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 10(1), 51–58. https://doi.org/10.37304/jispar.v10i1.2290 (Original work published February 9, 2021)

Issue

Section

Articles