MASYARAKAT SEBAGAI LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v2i2.362

Keywords:

masyarakat,, , pendidikan, , pembelajaran, sumber belajar, komunitasbelajar.

Abstract

Tulisan ini berfokus pada masyarakat sebagai lingkungan pembelajaran. Masyarakat dilihat sebagai satu kesatuan individu yang saling tergantung satu sama lain dan saling membutuhkan. Dalam kaitannya dengan itu pula, masyarakat dipandang sebagai sistem sosial yang saling mengejar kebutuhan. Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh individu dalam masyarakat. Lingkunganlah media dan sekaligus sebagai sumber belajar bagi masyarakat, karena lingkungan merupakan tempat individu untuk mengaktualisasikan diri dan mengoperasionalisasikan gagasan serta pengalaman. Masyarakat juga dipandang sebagai komunitas belajar, karena dari masyarakat pula sumber dan juga data-data tentang pengembangan pendidikan diperoleh secara nyata. Guna meningkatkan pembelajaran yang berbasis masyarakat maka dapat dilakukan dengan tahap-tahap indentifikasi kebutuhan belajar, perencanaan proses belajar, pelaksanaan kegiatan belajar dan penilaian perkembanganbelajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-10 — Updated on 2021-01-16

Versions

How to Cite

MASYARAKAT SEBAGAI LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS. (2021). Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.37304/jispar.v2i2.362 (Original work published November 10, 2019)

Issue

Section

Articles