Realisasi Vaksinasi Nasional dalam Perspektif Agile Governance

Authors

  • Ummu Habibah Gaffar Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v11i1.4206

Keywords:

Agile Governance, Partisipasi, Vaksinasi, Covid-19, Pemerintah Daerah

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kondisi empirik mengenai realisasi vaksin yang berlangsung di Indonesia. Dengan mengambil kasus di Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan menjadi perhatian nasional mengenai realisasi vaksin dengan kondisi yang problematis, satu sisi stok ketersediaan vaksin yang tertinggi di Indonesia, namun disisi lain tingkat realisasi vaksin yang masih rendah. Kondisi ini memantik perhatian mengenai realisasi vaksin dengan mengajukan pertanyaan bagaimana peran dan kontribusi pemerintah dalam merealisasikan vaksin serta respon masyarakat dalam menyikapi vaksinasi nasional di Kalimantan Selatan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Agile Governance. Pendekatan ini setidaknya untuk memotret peran dan kotribusi pemerintah dalam kesiapannya merealisasikan vaksin nasional.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan memadukan pada observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa realisasi vaksin yang rendah di Kalimantan Selatan di sebabkan oleh adanya resistensi dari masyarakat yang menolak untuk divaksin. Resistensi ini dipicu dari polarisasi pemberitaan mengenai vaksin yang kebanyakan lebih tendensius pada hal yang negatif. Implikasinya berdampak pada keyakinan masyarakat mengenai vaksin yang terbangun dengan citra yang buruk. Studi ini memberikan insentif teoritis dalam memahami kembali konsep Agile Governance.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-03 — Updated on 2022-09-28

Versions

How to Cite

Gaffar, U. H. (2022). Realisasi Vaksinasi Nasional dalam Perspektif Agile Governance. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 11(1), 94–103. https://doi.org/10.37304/jispar.v11i1.4206 (Original work published January 3, 2022)

Issue

Section

Articles