TRANSPARANSI PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM PEMBANGUNAN DESA DI DESA SIMPANG BANGKUANG KECAMATAN PAKU KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • ANDY PRIANTO

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v6i1.644

Keywords:

transparansi, alokasi dana desa, kebijakan, pemerintah desa

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Simpang Bangkuang Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana transparansi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Simpang Bangkuang Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. Fokus penelitian dalam penelitian terdiri dari ketersediaan pengumuman kebijakan anggaran, ketersediaan dokumen anggaran dan mudah diakses, ketersediaan laporan pertanggungjawaban yang tepat waktu dan terakomodasinya suara/usulan rakyat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan informan diambil secara purposive sampling dan accidental sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan akan di analisa secara kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa transparansi oleh pemerintah desa dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Simpang Bangkuang Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat bagaimana pemerintah desa memenuhi transparansi mulai dari menyediakan pengumuman kebijakan anggaran desa, menyediakan dokumen anggaran dan mudah diakses oleh masyarakat, menyediakan laporan pertanggungjawaban yang tepat waktu dan mengakomodasi suara/usulan masyarakat desa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-29 — Updated on 2021-01-15

Versions

How to Cite

ANDY PRIANTO. (2021). TRANSPARANSI PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM PEMBANGUNAN DESA DI DESA SIMPANG BANGKUANG KECAMATAN PAKU KABUPATEN BARITO TIMUR. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.37304/jispar.v6i1.644 (Original work published January 29, 2020)

Issue

Section

Articles