Pola Perlukaan Kecelakaan Lalu Lintas Lansia Berdasarkan Data HDSS Sleman Pada Tahun 2020-2022
DOI:
https://doi.org/10.37304/jkupr.v13i1.19648Kata Kunci:
kecelakaan lalu lintas, lansia, perlukaanAbstrak
Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian yang mempunyai insidensi tinggi dan dapat menimbulkan kerugian yang besar bagi masyarakat. Pada kasus kecelakaan lalu lintas tercatat bahwa usia non produktif banyak yang mengalami cedera berat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola perlukaan kecelakaan lalu lintas pada lansia di Sleman berdasarkan data HDSS (health and demographic surveillance system) Sleman tahun 2020-2022. Penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Sleman berusia 60 tahun keatas. Teknik sampling penelitian menggunakan purposive sampling, yaitu dengan mengambil responden yang sesuai kriteria dari data HDSS Sleman tahun 2020-2022. Pada uji bivariat dilakukan uji chi-square untuk menguji perbedaan teoritis. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Berdasarkan analisis dari 272 responden dengan 401 kasus perlukaan ditemukan perlukaan paling banyak terjadi di anggota gerak bawah dan derajat perlukaan ringan dengan jenis perlukaan luka kombinasi yang terbanyak. Derajat perlukaan sedang dan berat memiliki prevalensi yang sama. Luka bakar menjadi jenis perlukaan paling sedikit yaitu hanya 1 kasus. Responden terbanyak adalah lansia usia 60-70 tahun yaitu 72% dari total responden. Kesimpulan penelitian ini adalah derajat luka ringan menjadi derajat perlukaan terbanyak dengan anggota gerak bawah adalah lokasi perlukaan terbanyak serta luka kombinasi menjadi jenis perlukaan terbanyak. Pada hasil bivariat ditemukan tidak ada hubungan antara usia dengan jenis, lokasi, dan derajat keparahan. Hal ini menunjukkan jenis, lokasi, dan derajat keparahan dapat terjadi pada segala usia tidak berbeda pada tiap kelompok usia.
Unduhan
Referensi
World Health Organization. Geneva. 2024. 1. World Health Organization, Global Status Report On Road Safety 2024.
Badan Pusat Statistik. 2. Badan Pusat Statistik, “Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi 1992-1994 [Internet]. 2023. Available from: https://bps.go.id/indicator/17/513/10/jumlah-kecelakaankorban-mati-luka-berat-luka-ringan-dan-kerugian-materi.html
Indonesia: Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Indonesia: Republik Indonesia; 2009.
Savitri P, Indawati R. Estimasi Risiko Pada Lanjut Usia Yang Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surabaya. 2012.
Razemon O. Road rage: “The more we adhere to male stereotypes, the more inclined we are to take risks on the road”. 2024.
Setyowati DL, Firdaus AR, Rohmah NR. Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Samarinda. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health. 2019 Jan 15;7(3):329. doi: 10.20473/ijosh.v7i3.2018.329-338
Arrasyid MI, Susanti R, Mulyana R. Gambaran Korban Meninggal Dunia dengan Cedera Kepala pada Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Forensik RSUP dr M Djamil Padang Tahun 2018-2019. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia. 2021 Jul 30;2(1):178–84. doi: 10.25077/jikesi.v2i1.283
Fitriana L, Lestari D, Rahmayanti D. Gambaran Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia (LANSIA). 2021. doi: 10.51544/jmn.v4i1.1269
Fitriana L, Lestari D, Rahmayanti D. Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kesepian Pada Lanjut Usia di Karang Lansia Bahagia Banjarmasin. 2021. doi: 10.20527/dk.v9i2.6544
Riandini I, Susanti R, Yanis A. Gambaran Luka Korban Kecelakaan Lalu Lintas yang Dilakukan Pemeriksaan di RSUP Dr. M. Djamil Padang. 2015. doi: 10.25077/jka.v4i2.283
Putra H, Hariyani I, Rahmadika R. Gambaran Pola Luka pada Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di RSUD Mayjen H. A. Thalib Kerinci Periode 2018-2019. 2022. doi: 10.32539/jkk.v9i2.286
Kepel FR, Kepel FR, Mallo JF. Pola Luka pada Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Periode Tahun 2017. JURNAL BIOMEDIK (JBM). 2019 Mar 4;11(1):23. doi: 10.35790/jbm.11.1.2019.23207
Wibisono B, Pebryan MR, Sutara S. Karakteristik Luka Pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Rekam Medis Di Rsud Waled Tahun 2021-2022. Prepotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2023 Dec 20;7(3):16440–7. doi: 10.31004/prepotif.v7i3.20434
Oktavianti PH. Prevalensi Dan Gambaran Pola Luka Korban Kecelakaan Sepeda Motor Di Instalasi Forensik Rsup Sanglah Denpasar Tahun 2013. Intisari Sains Medis. 2016 Dec 15;7(1):33–41. doi: 10.15562/ism.v7i1.8
Indriani D, Yulianti K. Pola Luka Korban Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pejalan Kaki Dan Pengendara Sepeda Motor. 2015. ISSN 2303-1395
Ratu RNDC, Pamuttu A, Bension JB. Karakteristik Dan Pola Luka Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Rumah Sakit Bhayangkara Ambon Periode 2014-2017. Molucca Medica. 2021 May 15;63–9. doi: 10.30598/molmed.2021.v14.i1.63
Rizki V, Aida N, Iman J. Gambaran Korban Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di RSUD CIbabat Kota Cimahi. 2015. doi: 0009-TA/610/VAR/g/2017
Widagdo H. Materi Penunjang Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal. 1st ed. Gadjah Mada University Press; 2021.
Kurniawan R, Ferdinan A. Digelar Besok, Ini 14 Sasaran dan Denda Tilang Selama Operasi Zebra 2022. 2022.
Nuriza R, Chamid MS. Analisis Dominasi Keparahan Korban Menurut Perilaku Pengemudi dan Wilayah Hukum Rayon Provinsi Jawa Timur. Jurnal Sains dan Seni ITS. 2022 Feb 26;11(1). DOI: https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i1.62615
Hariyani I, Rasyid P, Pitra D. Gambaran Cedera Kepala pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Bedah RSUP dr. M. Djamil Padang Tahun 2019-2020. 2023. doi: 10.59003/nhj.v3i1.873
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Kedokteran Universitas Palangka Raya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.