The Relationship of Parental Emotional Support with Academic Achievement of Students of the Faculty of Medicine, Ciputra University

Penulis

  • Ummul Fadika Universitas Ciputra
  • Imelda Ritunga Universitas Ciputra

DOI:

https://doi.org/10.37304/jkupr.v10i1.4330

Kata Kunci:

emotional support, parents, medical students, academic achievement

Abstrak

Dukungan emosional merupakan salah satu dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua terhadap anak dalam berbagai hal, salah satunya pendidikan. Dukungan emosional pada mahasiswa kedokteran diperlukan dalam menjalani pembelajaran di perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan emosional orang tua terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra. Metode yang digunakan yaitu analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus atau sampling total pada 42 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra angkatan 2018. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 29 responden (69%) mendapatkan dukungan emosional orang tua yang tinggi dan sebanyak 18 responden (42,9%) memiliki prestasi akademik yang baik. Berdasarkan uji Spearman rank didapatkan koefisien korelasi 0,117 dan nilai signifikansi 0,461. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan dukungan emosional orang tua terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ekayani P. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. 2017;2(1):1–11.

Mariskhana K. Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Perspektif. 2018;16(1):62–7.

Safitri F, Yuniwati C. Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 2016;2(2):154–61.

Carolita M. Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Negeri Yogyakarta; 2017.

Tambunan RI, Hutasuhut S. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi). 2018;1(2):112–24.

Alin PA. Dukungan Orang Tua pada Kemampuan Menulis Kreatif Anak. Psikoborneo, Jurnal Ilmiah Psikologi. 2016;4(3):631–42.

Maslihah S. Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa Smpit Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip. 2011;10(2):103–14.

Nisak C. Hubungan Dukungan Emosional Teman Sebaya Dengan Mekanisme Koping Pada Remaja Perempuan Di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Universitas Jember; 2017.

Ulfah AN, Ariati J. Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Santri Pesantren Islam Al-Irsyad, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Empati. 2018;6(4):297–301.

Santrock JW. Perkembangan Remaja. 6th ed. Jakarta: Penerbit Erlangga; 2003.

Diterbitkan

2022-04-16

Cara Mengutip

Fadika, U., & Ritunga, I. (2022). The Relationship of Parental Emotional Support with Academic Achievement of Students of the Faculty of Medicine, Ciputra University. Jurnal Kedokteran Universitas Palangka Raya, 10(1), 33–36. https://doi.org/10.37304/jkupr.v10i1.4330