Peran Orang Tua Dalam Mengenalkankonsep Bilangan Pada Anak Kelompok A TK Kartika Desa Tahawa Tahun Ajaran 2023/2024
Radika Atriadi Putri, Intan Kamala
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v20i1.15038Keywords:
Peran orang tua, Konsep Bilangan, dan AnakAbstract
Orang tua memiliki peran sebagai pembimbing di rumah, yaitu orang tua membimbing anaknya dalam belajar. Orang tua sebagai fasilitator, yaitu orang tua sebagai peyedia sarana dan pra-sarana bagi anaknya. Orang tua sebagai motivator, yaitu orang tua dapat memberikan semangat serta dukungan kepada anaknya dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga anak memiliki semangat untuk belajar, serta memperoleh prestasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak kelompok A TK Kartika Desa Tahawa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. “Pendekatan deskriptif kuantitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu keadaan, peristiwa, objek orang atau segala sesuatu yang terkait dengan variabel-variabel yang bisa di jelaskan baik dengan angka-angka maupun kata-kata”. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan mengedarkan kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian yaitu 21 orang tua pada TK Kartika Kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Kartika Desa Tahawa Tahun ajaran 2023/2024 yaitu sebesar 71,42%, dengan rincian yaitu orang tua sebagai pembimbing 59% dengan kategori cukup baik, orang tua sebagai fasilitator 72,61% dengan kategori baik dan orang tua sebagai motivator 73% dengan kategori baik.