Video “ANAK INGIN TAHU” Terhadap Kamampuan Sains Permulaan Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Rajawali Sakti-3

Esta Fronika Telaumbanua, Cahaya Afriani Napitupulu, Ignatia Imelda Fitriani

Authors

  • Esta Fronika Telaumbanua Telaumbanua PG PAUD FKIP UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
  • Ignatia Imelda Fitriani PG PAUD Universitas Palangka Raya
  • Cahaya Afriani Napitupulu PG PAUD Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v20i1.15162

Abstract

Pengenalan sains perlu diterapkan atau dikenalkan pada anak usia dini karena sains dapat mengajak anak untuk berpikir kritis, dan anak tidak begitu saja menerima atau menolak sesuatu. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum treatment (Pre-Test) dan sesudah treatment (Post-Test).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan seperti yang diuraikan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan dari perhitungan menggunakan uji-t maka nilai t hitung yang diperoleh = 16,420. Sedangkan taraf signifikan yang digunakan t tabel yaitu 5% (2,109). Dari data tersebut data disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh penggunaan video “anak ingin tahu” terhadap kemampuan sains permulaan anak usia dini usia 5-6 tahun di TK kristen rajawali sakti-3 Palangka Raya.

Kata Kunci : Anak Usia Dini, Sains, Video anak Ingin Tahu

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Telaumbanua, E. F. T., Fitriani, I. I., & Napitupulu, C. A. . (2024). Video “ANAK INGIN TAHU” Terhadap Kamampuan Sains Permulaan Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Rajawali Sakti-3: Esta Fronika Telaumbanua, Cahaya Afriani Napitupulu, Ignatia Imelda Fitriani. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 20(1). https://doi.org/10.36873/jph.v20i1.15162